Kamis, 14 Februari 2019

Astra Motor Mendukung Kampanye Millennial Road Safety Festival

www.deguh.comAstra Motor Mendukung Kampanye Millennial Road Safety Festival.  Pontianak PT. Astra International, Tbk – Honda selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Kalimantan Barat terus berupaya secara terus-menerus untuk meningkatkan kesadaran para pengguna sepeda motor akan pentingnya keselamatan pada saat berkendara. Kali ini Team Safety Riding Astra Motor mendukung program kepolisian Satlantas Pontianak Kota Millennial Road Safety Festival melalui Edukasi Safety Riding kepada ratusan pelajar SMKN 05 Pontianak pada Tanggal 11 Pebruari 2019 di halaman sekolah tersebut.




Mengusung tema Sayang itu #Cari_aman pada saat naik motor, dengan tetap fokus akan keselamatan berkendara sehingga kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadikan para generasi muda sebagai duta keselamatan berkendara. Kegiatan edukasi ini pun menjadi prioritas Honda bersama dengan seluruh jaringan dealernya di Indonesia.
Dony Adrian, selaku Instruktur Safety Riding mengungkapkan bahwasannya Edukasi Safety Riding for High School ini merupakan kegiatan yang rutin digelar oleh pihak Honda. Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada para pelajar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas dengan metode #Cari_Aman. Sehingga dapat melahirkan duta-duta safety riding yang memiliki semangat dan menjadi tauladan yang baik bagi generasi muda lainnya.

“Dengan semangat Satu HATI, kami berharap generasi muda kita menyadari bahwa mengenakan perlengkapan keselamatan berkendara bukan hanya untuk keselamatan. Akan tetapi, menjadi bagian dari gaya hidup. Helm dan jaket bukan hanya akan membuat rasa aman dan nyaman pada saat berkendara, akan tetapi juga bisa membuat penggunanya terlihat lebih menarik, keren dan stylish,” ujar Dony.

Kegiatan edukasi safety riding ini tentunya mendapat apresiasi dari pihak Sekolah yang di kunjungi. Apalagi kegiatan ini dapat menjadikan para siswa dan siswi menjadi semakin sadar akan pentingya safety riding.
“Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat memupuk kesadaran untuk mematuhi segala peraturan dan rambu lalu lintas. Serta menyadari bahwa semua aturan di jalan itu dibuat demi keselamatan dan kenyamanan setiap pengguna jalan,” ujar Bu Salbiyah selaku Kasat Lantas Pontianak Kota.


Pada kesempatan sosialsasi dan edukasi safety riding , astra motor mengawali edukasi dengan memberikan contoh kecelakaan lalu lintas akibat dari kelalaian pengendara.Dony Adrian, menambahkan bahwa dalam garis besarnya terdapat tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni:

1.Faktor kendaraan
    Faktor pertama yang bisa menjadi faktor kecelakaan ialah faktor kendaraan. Sudah semestinya sebelum berkendara kita harus memastikan apakah kendaraan yang kita gunakan sudah sangat aman untuk digunakan.  Rutinlah mengganti oli kendaraan yang Anda miliki, mengecek tali gas, mengecek tali dan minyam rem dan service kendaraan yang Anda miliki secara berkala. Jangan lupa juga taati peraturan misalnya saja selalu menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai standar agar pada saat berkendara kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Lingkungan dan cuaca
     Faktor kedua yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas ialah lingkungan dan cuaca. Cuaca di Indonesia hanya ada dua yakni kemarau dan hujan. Tahukah Anda bahwa pada saat musim hujan sangat rawan timbul kecelakaan. Hal ini disebabkan jalanan yang licin dan disaat hujan para pengendara akan memacu sepeda motor mereka dengan kecepatan yang tinggi maka dari itu sangat disarankan pada saat hujan dan jalanan licin agar berteduh sejenak agar safety tentunya.

3. Faktor manusia
     Ketiga ialah faktor manusia, faktanya menjadi penyebab tingginya faktor kecelakaan di jalan raya ialah faktor manusia. Banyak sekali para pengendara yang tidak memperhatikan hal-hal wajib yang harus dikenakan pada saat berkendara. Hal ini meliputi menggunakan helm berstandar SNI,  menggunakan jaket, sarung tangan,  celana panjang , dan sepatu serta taat peraturan berlalu lintas agar bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara.



   Tiga garis besar diatas merupakan faktor-faktor penyebab kecelakaan dijalan raya yang sudah sepatutunya diminimalisir dengan cara  pengetahuan tentang cara berkendara yang baik dan aman. Sangat bermanfaat sekali edukasi safety riding yang terus dilakukan oleh Astra Motor dan semoga kegiatan ini akan terus terlaksana.

0 comments:

Posting Komentar