Selasa, 26 Februari 2019

4 Hal yang Harus diperhatikan Pada Saat Mengisi Bahan Bakar Sepeda Motor


www.deguh.com - 4 Hal yang Harus diperhatikan Pada Saat Mengisi Bahan Bakar Sepeda Motor. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya  pengguna kendaraan bermotor di Indonesia tergolong sangat tinggi terkhusus lagi di kota Pontianak. Hampir segala bentuk aktivitas  menggunakan kendaraan, terlebih lagi sepeda motor. Sepeda motor digunakan untuk membantu pergi ke kantor, pergi kuliah ataupun digunakan para jurnalis untuk terjun kelapangan guna mencari berita dan lain sebagainya. Pada dasarnya para pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) agar bisa mengendarai kendaraan. Pada praktek dilapangan memang benar bahwa banyak masyarakat yang sudah layak umur dan telah memiliki SIM hanya saja mereka belum mengetahui bagaimana cara berkendara yang baik dan benar serta aman tentunya.

Melakukan aktifitas dengan menggunakan sepeda motor memanglah sangat seru dan menyenangkan. Pada saat berkendara sudah semestinya kita memerhatikan hal-hal yang wajib dibawa dan digunakan pada saat berkendara, misalnya saja membawa SIM, STNK, helm dan lain sebagainya serta yang juga sangat penting diperhatikan pada saat bepergian menggunakan kendaraan tentu saja bahan bakar. Bahan bakar merupakan komponen yang sangat penting dalam kendaraan, dengan adanya bahan bakar maka kendaraan dapat berjalan, dan jika bahan bakar habis maka otomatis kendaraan yang Anda miliki tidak dapat digunakan sebagaimana mestiya.

Melakukan pengisian bahan bakar juga semestinya dilakukan ditempat yang tepat seperti misalnya saja di SPBU yang resmi, hal ini bertujuan agar supaya kendaraan Anda dipastikan mendapatkan bahan bakar resmi dan bukan oplosan ataupun bahan bakar campuran.Pada saat mengisi bahan bakar, terdapat hal-hal yang wajib Anda perhatikan agar selalu aman dan nyaman, penasaran apa saja hal-hal yang wajib diperhatikan disaat mengisi bahan bakar? Berikut ini, tips aman pada saat melakukan bahan bakar kendaraan versi Astra Motor :



1. Turun dari Motor Walaupun Tangki di Depan
Turun dari kendaraan walaupun memiliki tangki didepan maksudnya adalah pada saat Anda mengisi bahan bakar sudah sepatutunya Anda turun dan mendorong sepeda motor yang Anda miliki. Hal ini tentunya ada alasannya sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwasannya bensin merupakan bahan bakar yang sangat mudah terbakar, jadi apapun bisa terjadi pada saat pengisian bensin sedang berlangsung termasuk terjadinya kebakaran. Hal ini juga sudah fakta dan sering terjadi bahwa tak sedikit SPBU yang terbakar akibat bensin yang sangat mudah terbakar. Apabila Anda berada diatas kendaraan maka pada saat terjadi kebakaran atau hal yang tidak diinginkan, maka Anda akan sulit menghindar dan akan menjadi korban terntunya.

2. Mematikan Mesin Kendaraan
Mematikan mesin kendaraan pada saat mengisi bensin juga merupakan suatu keharusan. Hal ini dikarenakan menyalakan mesin kendaraan pada saat proses pengisian bensin berlangsung sangatlah berbahaya dan bahkan dampak negatifnya bisa mengakibatkan kebakaran. Hal ini dikarenakan dari aliran listrik statis dari proses pengisian bensin bisa menimbulkan percikan api yang hingga menimbulkan kebakaran tersebut tentunya.

3. Jangan Memainkan Gadget
Hal yang selanjutnya yang mesti Anda perhatikan pada saat mengisi bahan bakar adalah jangan menggunakan gadget, aturan ini memang telah lama ada dan bahkan disetiap SPBU sudah sering kita melihat himbauan untuk mematikan handphone disaat berada di SPBU. Handphone nyatanya bisa mengeluarkan frekuensi yang tinggi sehingga bisa menimbulkan percikan api.



4.Tutup Tangki Dengan Baik dan Benar
Tips keempat yang wajib Anda perhatikan pada saat mengisi bahan bakar adalah menutup tangki kendaraan motor Anda dengan baik dan benar. Hal ini tentunya ada alasan yakni salah satunya adalah bensin merupakan cairan yang mudah menguap . Bayangkan saja apabila tangki kendaraan Anda tidak tertutup pastinya bahan bakar Anda akan cepat habis bahkan dampak buruknya adalah apabila bensin yang menguap tersulut api akan dapaat menyebabkan kebakaran.



Itu dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada saat mengisi bahan bakar kendaraan. Semoga artikel ini bermanfaat ya, sampai jumpa diartikel selanjutnya dan salam hangat.


1 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html