Rabu, 16 Januari 2019

6 Tips Aman Berkendara Pada Saat Musim Penghujan

www.deguh.com - 6 Tips Aman Berkendara Pada Saat Musim Penghujan. Selamat siang teman-teman deguh dimanapun kalian berada, apa kabar Anda dihari yang berawan ini? Lagi pada baring ya dikasur? Sambil mainin hp hahaa. Indonesia merupakan negara yang hanya memiliki dua musim yakni musin kemarau dan musim penghujan. Indonesia tidak ada musim salju, seperti di Eropa, padahal deguh pengen banget loh merasakan musim salju haha. Memasuki awal tahun 2019, kita disambut oleh musim penghujan. Meskipun hujan harus disyukuri akan kedatangnya, namun hujan juga seringkali dituding sebagai penyebab terjadinya kecelakaan akibat jalanan yang menjadi licin dan tergenang.



Nah, pada artikel kali ini deguh akan secara khusus membagikan sedikit tips mengenai bagaimana cara agar berkendara tetap aman di musim penghujan. Deguh terinspirasi untuk membahas hal ini karena melihat postingan instagram @honda_kalbar. Penasaran apa saja tips mengendarai sepeda motor pada saat musim penghujan? Yuk simak ulasan singkatnya :

1. Periksa lampu kendaraan

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan pada saat melakukan perjalanan dimusim penghujan adalah kamu harus terlebih dahulu memeriksa semua lampu kendaraan yang Anda miliki. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dengan benar. Lampu kendaraan sangat bermanfaat untuk membantu Anda melihat jarak pandang yang terbatas dikarenakan hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari. Hal ini tentunya akan membantu pengendara lain melihat kendaraan Anda.

2. Periksa kondisi tekanan udara ban

Hal yang tak kalah penting untuk Anda ketahui sebelum mengendarai sepeda motor disaat hujan adalah Anda harus memeriksa kondisi tekanan ban. Pastikan tekanan ban cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan Anda melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis. Sebagai tindakan preventif, periksa kondisi ban Anda selama kurun waktu seminggu sekali.

3. Periksa kondisi utama komponen kendaraan

Nah, hal yang harus kamu perhatikan juga adalah memeriksa kemudi, pedal rem, gas maupun kopling kendaraan yang akan Anda gunakan apakah sudah kondisi baik atau tidak. Berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.


4. Kurangi kecepatan kendaraan

Kurangi kecepatan dalam mengendarai kendaraan. Hal ini dikarenanakan pada saat musim penghujan permukaan jalan akan menjadi licin Mengemudikan kendaraan dalam kodisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkeram ban lebih baik.

5. Tidak menerobos genangan air

Pada saat musim penghujan maka tidak jarang kita menemukan banyak sekali genangan air dijalan raya, maka dari itu Anda jangan langsung menerobos genangan air tersebut, karena kita tidak tahu kedalamannya. Hal ini bisa mengakibatkan kendaraan Anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan air tersebut.

6. Jangan menghidupkan mesin jika terjebak banjir

Tips yang terakhir adalah jangan sampai Anda menghidupkan mesin kendaraan sepeda motor yang Anda miliki pada saat terjebak banjir dan mogok. Hal ini dikarenakan, air yang masuk kedalam saluran pembuangan gas kendaraan akan membahayakan mesin sepeda motor. Lebih baik didorong ke tempat yang aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian kendaraan Anda mengalami korsleting dan dapat membuat kendaran terbakar.

   Nah, itu dia hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengendara sepeda motor disaat musim penghujan, tetap harus #CariAman ya teman-teman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda para pembaca setia deguh.com .

Salam satu hati!

0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html