Astra Motor Berikan Edukasi Safety Riding di IKIP PGRI Pontianak - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Selasa, 11 Desember 2018

Astra Motor Berikan Edukasi Safety Riding di IKIP PGRI Pontianak

   www.deguh.com - Astra Motor Berikan Edukasi Safety Riding di IKIP PGRI Pontianak. Memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pengguna kendaraan roda dua di Indonesia terbilang sangat tinggi terkhusus lagi di kota Pontianak. Hampir segala bentuk aktivitas menggunakan sepeda motor. Sepeda motor digunakan untuk pergi ke kantor, pergi belanja, pergi kuliah dan lain sebagainya. Pada dasarnya para pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) agar dapat mengendarai kendaraan. Pada prakteknya dilapangan memang benar jika banyak para pengguna kendaraan bermotor yang telah layak umur dan juga telah memiliki SIM, hanya saja mereka belum mengetahui secara mendalam mengenai bagaimana cara berkendara yang baik dan benar serta aman tentunya.

Sumber foto: Instagram @honda_kalbar
   Selasa (11/12) Astra Motor berkunjung ke IKIP PGRI Pontianak untuk memberikan edukasi safety riding kepada para Mahasiswa/Mahasiswi IKIP PGRI. Agenda edukasi kali ini disambut baik oleh pihak kampus dan para Mahasiwa sangat antusias mendengarkan edukasi berkendara yang baik dan benar. Dalam agenda kemarin, bukan hanya diselenggarakan edukasi safety riding dan prakteknya, akan tetapi juga diisi dengan pemberian service motor gratis kepada para pengguna sepedamotor Honda. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Honda untuk terus menyebarkan dan mengkampanyekan etika pada saat berkendara dengan baik dan benar serta aman kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kepada para Mahasiswa.

Sumber foto: Instagram @honda_kalbar
   Dulu memang benar bahwa masyarakat lebih suka menggunakan transportasi umum, namun sekarang masyarakat perlahan berpindah menggunakan kendaraan pribadi dan yang paling banyak digunakan masyarakat Pontianak ialah sepeda motor. Namun sayangnya, tidak semua orang miliki tingkat kesadaran dalam hal berkendara. Dony Adrian, selaku Instruktur Safety Riding, mengatakan bahwasannya Team Safety Riding sangat rutin menggelar agenda edukasi safety riding melalui kampanye #Cari_aman di seluruh kota di Kalimantan Barat. Salah satu agenda pelatihan diperuntukan untuk komunitas sepeda motor Honda, para karyawan perusahaan dan para pelajar maupun mahasiswa. Tujuan dari “Edukasi safety riding ialah memberikan pengetahuan teori dan praktek di lapangan mengenai teknik dasar mengendarai sepeda motor yang benar. Bukan hanya memberikan edukasi mengenai teori dan praktek, pihaknya juga mengajarkan kepada para peserta edukasi untuk patuh terhadap undang-undang lalu-lintas beserta etika berkendara," ujar Dony .

   Dony Adrian, menjelaskan bahwa dalam garis besarnya terdapat tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni:

1.Faktor kendaraan

    Faktor pertama yang bisa menjadi faktor kecelakaan ialah kendaraan. Sudah semestinya sebelum berkendara kita memastikan apakah kendaraan kita sudah layak pakai. Rutinlah mengganti oli kendaraan, mengecek tali gas, mengecek tali rem dan sebagainya. Jangan lupa juga menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai standar agar pada saat berkendara kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Lingkungan dan cuaca

     Faktor kedua yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas ialah lingkungan dan cuaca. Cuaca di Indonesia hanya ada dua yakni kemarau dan hujan. Tahukah Anda bahwa pada saat musim hujan sangat rawan timbul kecelakaan. Hal ini disebabkan jalanan yang licin dan disaat hujan para pengendara akan memacu sepeda motor mereka dengan kecepatan yang tinggi maka dari itu sangat disarankan pada saat hujan dan jalanan licin agar berteduh sejenak agar safety tentunya.
3. Faktor manusia

     Faktor manusia faktanya menjadi penyebab tinggi kecelakaan di jalan raya. Pada saat sebelum berkendara sudah sepatutnya para pekendara menggunakan helm berstandar SNI,  jaket, sarung tangan,  celana panjang , dan  sepatu serta taat peraturan berlalu lintas agar bisa menekan tingkat kecelakaan di jalan raya.

   Dengan kegiatan edukasi safety riding yang diperuntukkan bagi para Mahasiwa/Mahasiswi IKIP PGRI Pontianak, Astra Motor sangat berharap kepada para Mahasiswa dapat menyebarkan virus berkendara yang baik dan benar kepada masyarakat tentang pentingnya taat berkendara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar