Minggu, 25 November 2018

Mengenal Lebih Dekat Kampung Berseri Astra Sungai Jawi

   www.deguh.com - Mengenal lebih dekat Kampung Berseri Astra Sungai Jawi. Apakah kamu bertempat tinggal di Kota Pontianak? Jika iya, apakah kamu sudah mengetahui mengenai Kampung Berseri Astra? Jika belum, yuk mengenal lebih dekat Kampung Berseri Astra. Kampung Berseri Astra atau yang disingkat KBA Sungai Jawi yang dibuat pada tahun 2016 merupakan program corporate social responsibility (CSR) Astra yang diperuntukan kepada masyarakat dengan cara mengedepankan 4 poin program CSR, yakni pada sektor pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan juga kesehatan.

Photographer : Siti Mustiani
   Pada sektor pendidikan, Kampung Berseri ASTRA Sungai Jawi memiliki sebuah Perguruan Pencak Silat bernama Wekasan Suprih Ngudi Tunggal. Dalam hal ini, artinya pendidikan beladiri itu sangat penting ditambah lagi sekaligus menjaga budaya asli negara Indonesia lewat pendidikan beladiri. Sementara itu, pada sektor kewirausahaan, beberapa masyarakat diberikan modal untuk menjadi seorang wirausaha, baik itu berjualan makanan dan lainnya. Dengan jiwa wirausaha diharapkan masyarakat akan memiliki pendapatan lebih serta mampu membantu roda perokonomian negara dengan menekan angka penganguran.

Photographer : Siti Mustiani
   Pada sektor lingkungan, masyarakat dituntut untuk sadar akan lingkungan yang bersih nan sehat guna mejadikan lingkungan yang asri dan tenang, lewat karya mural menjadikan wilayah di KBA Sungai Jawi menjadi salahsatu kampung terbaik yang ada di Kota Pontianak dengan seni dindingnya yang sangat pas untuk hunting hehehe, disini juga terdapat ruang  untuk menanam berbagai macam tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat jika sedang sakit yang bernama kebun TOGA Margo Indah.

   Terakhir, ialah kesehatan maksudnya KBA Sungai Jawi memiliki posyandu yang mana pada setiap bulannya secara rutin akan ada penimbangan bayi dan pemberian vitamin di Posyandu Peduli Bangsa. Hal ini dilakukan guna berinvestasi kepada generasi penerus bangsa agar menjadi insan yang sehat dan cerdas sejak dini.
Photographer : Siti Mustiani
   KBA memilki tujuan untuk menciptakan ataupun menjadi pelopor bagi masyarakat dengan selalu mementingkan dan mengedepankan dari segi pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan. Tujuan lainnya adalah berusaha menciptakan masyarakat di wilayah KBA mencapai masyarakat yang kreatif,inovatif dan asik. Kampung Berseri Astra salah satunya berada di Sungai Jawi, Pontianak, Kalimantan Barat.

   Tahukah kamu jika tidak semudah membalikan telapak tangan untuk menjadikan suatu wilayah menjadi Kampung Berseri Astra, akan tetapi harus melewati tujuh tahapan  diantaranya ialah:

1. Koordinasi perusahaan Grup Astra
2. Pembentukan tim KBA
3. Koordinasi dengan pemerintah daerah
4. Social mapping
5. Penentuan lokasi KBA
6. Penyusunan rencana program
5. Komitmen bersama dan kick-off program  KBA

   Dengan adanya Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan sebuah aksi nyata yang dipelopori oleh Grup Astra untuk dapat berperan aktif dan memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas masyarakat yang jauh lebih baik lagi. Berapa sih luas wilayah di KBA Sungai Jawi, Pontianak? Kampung Astra Berseri memiliki luas wilayah kurang lebih mencapai 221.000 m².

   Dengan hadirnya Astra dalam program CSR ini nyatanya telah banyak membantu masyarakat di wilayah kampung tersebut. Masyarakat kini menjadi lebih peka akan lingkungan dan pendidikan serta menjadi memiliki jiwa berwirausaha dan lebih mengetahui pentingnya kesehatan. Semoga program ini akan terus ada dan akan ada lagi Kampung Berseri Astra lainnya yang bermunculan di Kota Pontianak guna menjadikan Indonesia yang baik lagi kedepannya.

16 komentar:

  1. Keren.. Semoga dengan inovasi ini masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik !

    BalasHapus
  2. Program yg bagus untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaap benar sekali, program yang memiliki dampak positif yang sangat banyak bagi masyarakat

      Hapus
  3. Dengan adanya program ini akan semakin membuka wawasan anak muda untuk meningkatkan kualitas jati diri !

    BalasHapus
  4. Semoga akan terus ada Kampung Berseri Astra sebab sangat bnyak manfaat bagi masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan. KBA memang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar

      Hapus
  5. Bagus. Semoga program ini tidak hanya di sui jawi. Tetapi juga dapat dilaksanakan di daerah2 lain.

    BalasHapus
  6. Informasi yang sangat bermanfaat. Terimakasih 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, terimakasih juga sudah mampir diblog saya

      Hapus
  7. Terima kasih informasi nya, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus