Astra Motor Pontianak Berikan Edukasi Basic Life Support - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Senin, 05 November 2018

Astra Motor Pontianak Berikan Edukasi Basic Life Support

   www.deguh.comAstra Motor Pontianak Berikan Edukasi Basic Life Support. PONTIANAK - Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya tergolong tinggi dalam hal menggunakan sepeda motor. Hampir setiap hari masyarakat Indonesia selalu menggunakan motor, baik itu untuk bekerja, jalan-jalan, mengantar anak kesekolah dan lain sebagainya. Mengingat hal itu, maka sering sekali terjadi kejadian gawat darurat yang terjadi dijalan raya seperti halnya serangan jantung mendadak dan juga kecelakaan-kecelakaan lainnya yang terjadi di jalan raya, di manapun dan kapanpun itu. Dengan demikian, dapat di katakan orang yang paling dekat dengan posisi korban pada saat kejadianlah yang bisa menjadi penolong pertama pada saat kejadian tersebut.

Kegiatan Edukasi Basic Life Support

Baca juga : Antusias Komunitas Honda Mengikuti Vario Custom Clinic

   Untuk itu, keterampilan basic life support atau yang dapat di singkat  (BLS) sudah seharusnya wajib dimiliki oleh setiap orang, khususnya lagi para pengendara sepeda motor. Dengan melihat pentingnya pengetahuan BLS (basic life support), maka Pelatihan BLS kembali diselenggarakan oleh pihak Astra Motor Pontianak pada Minggu (04/11) yang bertempat di Atrium Transmart, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Kegiatan Basic Life Support (BLS) ini merupakan masuk ke dalam rangkaian pembekalan persiapan  #Cari_aman Gas Touring Honda Bikers Day Nasional (HBD) 2018 yang akan segera di laksanakan pada tanggal 17 November 2018 mendatang, yang mana pada tahun ini akan di helat di Pantai Pangandara , Provinsi Jawa Barat.

Baca juga : Datang dan Ikuti Keseruan Honda Premium Matic Day 2018 Pontianak

   Kegiatan edukasi Basic Life Support atau yang disingkat BLS di selenggarakan dengan tujuan melatih para anggota komunitas Honda dalam hal menanggulangi kejadian-kejadian yang tergolong mendesak serta usaha pertolongan pertama pada saat menjumpai kecelakaan berkendara pada saat touring maupun pada saat berada di jalan. Acara edukasi BLS kali ini di ikuti oleh sekitar puluhan peserta yang berasal dari perwakilan club yang berada di bawah naungan Paguyuban HWBC (Honda West Borneo Community) dan dengan turut hadir pula Instruktur HIBGABI (Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia), Kalimantan Barat.

Instruktur memperagakan cara memberikan pertolongan 

Baca juga : All New Honda PCX Hybrid Resmi Hadir di Pontianak

   Menurut Ns. Uti Rusdian Hidayat, M.Kep selaku instruktur, ia mengatakan bahwasannya waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi korban gawat darurat.  ”Perlu kita ketahui bersama bahwa belum tentu juga yang tidak bernapas itu kita katakan meninggal,” jelasnya. Jika orang sekitarnya dapat segera menolong dengan pertolongan BLS, maka korban dapat bernapas lagi, imbuhnya. Lima hingga sepuluh menit pertama pada saat pasien atau korban mulai tidak bernapas dan kehilangan denyut nadinya, itu merupakan fase yang tepat untum melakukan pertolongan BLS.  Akan tetapi, perlu di ingat bahwa pertolongan tersebut harus di lakukan dengan cara yang sesuai dengan aturan dan harus tepat. BLS (Basic Life Support) dapat di lakukan dengan cara memberikan pijat jantung dan juga dengan cara memberikan nafas buatan kepada korban.

Baca juga : Astra Motor Pontianak Nobar MotoGP  bersama HWBC

   Sejumlah peserta yang ikut dalam acara kemarin yang berasal dari perwakilan komunitas Honda naungan HWBC (Honda West Borneo Community) sangat antusias selama mengikuti kegiatan Basic Life Support. "Ini merupakan kegiatan yang sangat menarik bagi kami dan dengan kegiatan ini kita akhirnya memperoleh pelajaran baru mengenai pertolongan pertama yang harus di lakukan pada saat melakukan pertolong pertama kepada korban kecelakaan," ujar Aji salah satu peserta yang mengikuti kegiatan kemarin dan selaku member Vario Ownner Club Pontianak.

Pontianak, 05 November 2018
PT Astra International tbk Honda Cabang Pontianak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar