Senin, 03 September 2018

Astra Motor Berikan Edukasi Safety Riding untuk Jurnalis Kalbar

     Deguh.com . Astra Motor Berikan Edukasi Safety Riding untuk Jurnalis Kalbar- Tidak dapat dipungkiri bahwasannya  pengguna kendaraan bermotor di Indonesia tergolong sangat tinggi terkhusus lagi di kota Pontianak. Hampir segala bentuk aktivitas  menggunakan kendaraan, terlebih lagi sepeda motor. Sepeda motor digunakan untuk membantu pergi ke kantor, pergi kuliah ataupun digunakan para jurnalis untuk terjun kelapangan guna mencari berita dan lain sebagainya. Pada dasarnya para pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) agar bisa mengendarai kendaraan. Pada praktek dilapangan memang benar bahwa banyak masyarakat yang sudah layak umur dan telah memiliki SIM hanya saja mereka belum mengetahui bagaimana cara berkendara yang baik dan benar serta aman tentunya.

   Kemarin, Minggu (2/9) Astra Motor mengajak para jurnalis Kalbar mengikuti edukasi safety riding yang diperuntukan untuk para Jurnalis Kalbar media Cetak dan para Blogger Pontianak. Agenda edukasi kali ini berlangsung di Main Dealer Training Centre  ( MDTC ) HSO Pontianak yang dihadiri puluhan jurnalis Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Honda untuk dapat menyebarkan etika dalam berkendara yang baik dan benar serta aman kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kepada para jurnalis yang ada di Kalimantan Barat.


   Dulu memang benar bahwa masyarakat lebih suka menggunakan transportasi umum, namun sekarang masyarakat perlahan berpindah menggunakan kendaraan pribadi dan yang paling banyak digunakan masyarakat Pontianak ialah sepeda motor. Namun sayangnya, tidak semua orang miliki tingkat kesadaran dalam hal berkendara. Dony Adrian, selaku Instruktur Safety Riding, mengatakan bahwasannya Team Safety Riding sangat rutin menggelar agenda edukasi safety riding melalui kampanye #Cari_aman di seluruh kota di Kalimantan Barat. Salah satu agenda pelatihan diperuntukan untuk para pelajar, komunitas sepeda motor Honda, dan para karyawan. Tujuan dari “Edukasi safety riding ini ialah memberikan pengetahuan teori dan praktek di lapangan mengenai teknik dasar mengendarai sepeda motor yang benar. Bukan hanya memberikan edukasi mengenai teori dan praktek, pihaknya juga mengajarkan kepada para peserta edukasi untuk patuh terhadap undang-undang lalu-lintas beserta etika berkendara," ujar Dony .


   Pada acara kemarin kami para jurnalis media online maupun cetak sangat serius mengikuti edukasi safety riding. Dalam garis besarnya terdapat tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni:

1.Faktor kendaraan

    Faktor pertama yang bisa menjadi faktor kecelakaan ialah kendaraan. Sudah semestinya sebelum berkendara kita memastikan apakah kendaraan kita sudah fit. Rutinlah mengganti oli kendaraan, mengecek tali gas, mengecek tali rem dan sebagainya. Jangan lupa juga menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai standar agar pada saat berkendara kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Lingkungan dan cuaca

     Faktor kedua yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas ialah lingkungan dan cuaca. Cuaca di Indonesia hanya ada dua yakni kemarau dan hujan. Tahukah Anda bahwa pada saat musim hujan sangat rawan timbul kecelakaan. Hal ini disebabkan jalanan yang licin dan disaat hujan para pengendara akan memacu sepeda motor mereka dengan kecepatan yang tinggi maka dari itu sangat disarankan pada saat hujan dan jalanan licin agar berteduh sejenak agar safety tentunya.

3. Faktor manusia

     Faktor manusia faktanya menjadi penyebab tinggi kecelakaan di jalan raya. Pada saat sebelum berkendara sudah sepatutnya para pekendara menggunakan helm berstandar SNI,  jaket, sarung tangan,  celana panjang , dan  sepatu serta taat peraturan berlalu lintas agar bisa menekan tingkat kecelakaan di jalan raya.


   Dengan kegiatan edukasi safety riding yang diperuntukkan bagi para jurnalis, Astra Motor sangat berharap kepada jurnalis Kalbar dapat menyebarkan virus kepada masyarakat tentang pentingnya taat berkendara.

2 komentar:

  1. Wah keren banget,semoga tetap berkarya dan konsisten menulis seperti saya www.zeevorte.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke siap mas, mudah2an, terimakasih sudah mampir diblog saya

      Hapus