Rabu, 16 Mei 2018

Destinasi Wisata Pulau Temajo Mempawah

Hai teman-teman semua dimanapun kalian berada, gimana nih kabar kalian semua? Semoga baik-baik saja ya. Oh iya, tanpa terasa kita telah memasuki bulan puasa ya, bulannya penuh ampunan. Pertama-tama Teguh secara pribadi memohon maaf sebesar-besarnya nih kepada teman-teman semua apabila selama ini Teguh ada salah-salah kata dan salah dalam bentuk tindakan maupun perlakuan baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Kembali ke tema kita pada artikel kali ini ya, yaitu indahnya Pulau Temajo Mempawah.

Baca juga : Destinasi Wisata Pulau Penata Kecil

Sedikit informasi nih untuk teman-teman semua sebelum lebih jauh membaca artikel saya kali ini bahwasannya Pulau Temajo dan Pulau Temajuk adalah dua hal yang berbeda lohh. Pulau Temajo yakni sebuah pulau yang berada di Kabupaten Mempawah di Kecamatan Sungai Kunyit, sedangkan Pulau Temajuk adalah sebuah pulau yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan, hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Telok Melano, Malaysia. Desa ini secara administatif berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Nah, sekarang teman-teman sudah pahamkan bahwasannya Temajo dan Temajuk dua hal yang berbeda.

Baca juga : Keindahan Karang Pulau Lemukutan

Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk sejenak menghilangkan penat dunia perkuliahan hehe, dengan cara berkunjung ke Pulau Temajo selama dua hari satu malam. Dihari pertama disaat sore hari saya langsung disambut dengan indahnya sunset yang sangat indah nan memanjakan mata. Saya berangkat dari Pontianak pada pukul 07:00 WIB dengan total teman sebanyak 11 orang, lalu singgah untuk beristirahat didaerah Mendalo, Kabupaten Mempawah pada pukul 09:30 WIB sembari menunggu motor aek (semacam kapal) untuk menghantarkan kami menyeberang ke Pulau Temajo.

Waktu yang kami habiskan dimotor aek untuk tiba di Temajo adalah kurang lebih 45 menit, diatas motor aek kami menikmati indahnya air laut yang berwarna biru jernih dan disajikan oleh bagan-bagan ditengah laut yang dimiliki oleh nelayan untuk mencari ikan teri, ya karena sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya pulau-pulau yang ada di Kabupaten Mempawah hingga Kabupaten Bengkayang dikenal dengan daerah 1000 bagan.

Sesampainya dipulau Temajo kami langsung menyimpan barang dirumah nelayan atau semacam pondok bagi para nelayan, lalu kini diantara teman-teman semua ada yang bertanya kok nggak nginap di villa aja sih, kan pulau Temajo banyak villanya. Yap, Anda benar bahwa Temajo memiliki setidaknya ada enam villa yang berada di sepanjang pulau seluas 700 hektare (ha) ini. Namun, kami lebih memilih untuk bermalam dipondok dikarenakan ingin menghemat biaya dan lebih ingin dekat dengan alam karena bermalam dipondok tidak bayar sob alias GRATIS hehe.

Saat malam harinya kami segera menyiapkan makan malam dan membuat api unggun dan tak selang waktu lama kami terkejut dengan kehadiran beberapa nelayan yang menghampiri kami, ternyata para nelayan ini memberi kami sotong yang masih segar hasil tangkapan mereka. Tanpa panjang lebar kami langsung membakarnya dan rasanya nikmat bro.  Waktu malam hari kami isi dengan bernyanyi dan bermain kartu remi serta bercanda, tanpa terasa waktu sudah dinihari lalu kami istirahat karena esok paginya sudah harus pulang ke Pontianak.

Itu dia sedikit cerita saya saat berkunjung ke Pulau Temajo Mempawah, pulau ini indah loh teman dan bisa kalian jadiin list untuk tempat berlibur selanjutnya yang wajib kalian kunjungi. Sekali-kali keluar rumah dong dan jangan hanya ke mall aja atau waktu libur hanya digunain hanya untuk tidur aja dikamar. Jangan hanya cuma bisanya update status di instastory dengan kata-kata "Happy Weekend", ayolah bergerak jelajahi Kalimantan Barat, explore daerah kita, daerah kita nggak kalah indah kok sama daerah lain, karena Indonesia itu indah diketinggian dan indah dikedalaman lohhh.