Sabtu, 03 Maret 2018

Cap Go Meh Tahun 2018 di Pontianak

   Cap Go Meh Tahun 2018 di Pontianak - Cap Go Meh merupakan hari kelima belas tahun baru Imlek yang dirayakan oleh etnis Tionghoa. Pada tahun 2018 ini Cap Go Meh tepat jatuh pada hari Jumat (2/03) kemarin. Ditanah kelahiran ku yakni Kota Pontianak perayaan Cap Go Meh biasanya sangat identik dengan pawai replika naga dengan iring-iringan gong, tambur dan simbal . Dari tahun ke tahun warga Kota Pontianak tumpah ruah di jalan Gajahmada,Tanjungpura dan sekitarnya pada saat perayaan Cap Go Meh dari anak kecil hingga orang dewasa turun kejalan untuk menyaksikan secara langsung pawai replika naga dan barongsai.




   Kemarin saya juga turut hadir dan menyaksikan secara langsung euforia dalam perayaan Cap Go Meh tahun 2018 di Kota Pontianak. Perlu Anda ketahui bahwasannya pawai replika naga dan barongsai berlangsung pada siang dan malam hari. Pada saat siang hari arak-arakan dimulai pada pukul 13.00 hingga pukul 17.00 dengan titik kumpul naga di PSP. Rute arak-arakan naga pada saat siang hari bisa Anda lihat pada denah dibawah ini :



   Dikarenakan satu dan lain hal ditambah cuaca yang sedang panas-panasnya di Kota Pontianak pada saat siang hari maka saya tidak menyaksikan pawai replika naga pada saat siang hari. Akan tetapi, saya menyaksikannya pada saat malam hari sebab pada saat malam hari replika naga akan dihiasi lampu-lampu yang indah dengan sesekali melakukan atraksi-atraksi yang mengundang decak kagum para penonton. Pawai replika naga saat malam hari dimulai pada pukul 19:30 hingga pukul 22:30 dengan titik kumpul total belasan naga dijalan H. Agus Salim dengan rute arak-arakan naga dibawah ini :



   Menurut saya pribadi ada perbedaan yang sangat mencolok pada perayaan Cap Go Meh tahun ini dibandingkan pada tahun lalu yaitu terdapat sebuah naga yang terbilang cukup panjang yaitu replika naga yang memiliki panjang kurang lebih sekitar 118 meter. Hal ini turut dibenarkan oleh Sugioto, selaku Ketua Umum Panitia Perayaan Cap Go Meh 2569. Disebutkan pula bahwa total 28 replika naga yang ikut memeriahkan Cap Go Meh tahun 2018 di Kota Pontianak.



   Semoga dengan perayaan Cap Go Meh ini bisa memperkenalkan Kota Pontianak pada khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya pada dunia luar tentang wisata yang terdapat di Pontianak. Semakin banyak para wisatawan yang hadir ke suatu daerah maka akan banyak pula pendapatan dari sektor pariwisata. Tambahan informasi untuk Anda terdapat Kota selain Pontianak yang pada setiap tahunnya merayakan Cap Go Meh dengan sangat meriah bahkan jauh lebih meriah dibanding Pontianak yakni Kota Singkawang. Dikabarkan pada tahun ini Kota Singkawang mencatatkan 4 rekor muri dalam penyelenggaraan Cap Go Meh yakni jumlah lampion terbanyak, gerbang Cap Go Meh terbesar, tatung terbanyak dan replika naga terbanyak. Total terdapat 1.038 tatung yang ikut serta Festival Cap Go Meh tahun 2018 di kota amoy ini.


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html