Hujan Tidak Pernah Salah - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Sabtu, 13 Januari 2018

Hujan Tidak Pernah Salah

   Jangan pernah menyalahkan hujan, itulah kalimat pertama yang akan saya katakan untuk Anda semua. Beberapa hari kebelakang ini, Kota Pontianak diguyur hujan dengan intensitas sedang namun dengan volume dan durasi yang lama.

   Dari pagi hingga malam hari kembali lagi ke pagi hujan terus mengguyur Kota Pontianak. Perlu diingat hujan merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan dan hujan wujud dari interaksi alam kepada kita untuk saling menghormati dan menjaga alam ini.

   Tidak dapat dipungkiri bahwa insta story di Instagram penuh dengan kaula muda yang menunjukkan  bahwa kediaman mereka ataupun jalan-jalan di Kota Pontianak sedang banjir dan mengganggu aktivitas warga. Dilaporkan juga bahwa di Jalan Ahmad Yani dekat Masjid Mujahidin terdapat genangan air serta di Jalan Purnama 1.



   Jikalau sedang banjir seperti ini jangan pernah menyalahkan hujan karena ini merupakan salah kita yang membiarkan hutan berubah menjadi perkebunan sawit. Lalu parit dan selokan dibasmi untuk kepentingan pribadi.

   Kalau sudah seperti ini baru kalang kabut membersihkan saluran air yang sumbat. Kalau sudah seperti ini barulah kita sadar bahwa menjaga lingkungan itu penting. Lalu, bagaimana cara agar kejadian banjir ini tidak terulang lagi? Mulailah dari hal terkecil dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan dan secara rutin mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan.

   Akibat dari banjir biasanya akan ada ular yang bermunculan hal ini telah terbukti di Jalan Sungai Jawi warga menemukan ular. Maka dari itu Anda harus terus berhati-hati apalagi untuk yang memiliki adik maupun anak kecil yang senang bermain air banjir. Selalu waspada serta terus berfikir positif jangan pernah menyalahkan hujan.

2 komentar: