Apa Sih Pentingnya Organisasi? - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Minggu, 24 September 2017

Apa Sih Pentingnya Organisasi?

     Assalamualiakum warahmatullahi wabarakatu, selamat pagi sahabat deguh.com semua. Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk bisa menunjang aktivitas kalian pada hari ini. Rasanya telah lama deguh.com tidak menyapa dan memberikan sedikit pengalaman serta info-info untuk Anda pada akhir-akhir ini, tapi kini kalian tak usah khawatir sebab kali ini saya akan kembali hadir untuk kalian.

     Pada kesempatan dan artikel kali ini, saya akan sedikit memberikan pengalaman mengenai Organisasi. Apa sih Organisasi dari sudut pandang deguh.com? Menurut saya Organisasi merupakan perkumpulan orang-orang yang memiliki tekad,niat dan tujuan yang sama yang mana untuk memperoleh tujuan tersebut diperlukan kerja keras yang nyata sebab Organisasi ialah tim.



     Jujur saja ketika Sekolah Dasar hingga SMA saya tidak pernah aktif mengikuti  organisasi seperti OSIS,MPK,PASKIBRA,DRUM BAND dan lain sebagainya, yang mana pada saat kita masih sekolah organisasi tersebut merupakan organisasi yang sangat tinggi peminatnya. Untuk dapat gabung ke organisasi tersebut para siswa/i pastinya akan berlomba-lomba untuk bisa menjadi anggota. Pada saat itu saya berfikir untuk apa gabung ke Organisasi yang ujung-ujungnya membuat capek dan itu bukan jati diri saya karena saya tipikal orang yang tidak suka diatur dan sukanya hidup semaunya tanpa peduli aturan.

     Sedikit cerita saja bahwa pada saat saya SD hingga SMA saya hanya suka bergabung ekstrakulikuler atau pengembangan diri yang sifatnya olahraga, sebab olahraga itu menurut saya sehat dan ada manfaatnya, sedangkan organisasi misalnya OSIS dan lainnya itu menurut saya tidak sehat karena mereka hanya sibuk berfikir menguras otak mengurusi sekolah tanpa memikirkan kesehatan olahraga mereka sendiri.

     Seiring berjalannya waktu tepatnya pada saat saya SMA sebenarnya banyak sekali organisasi-organisasi yang dapat menampung siswanya untuk berperan aktif mengikuti organisasi semacam MPK dan OSIS, akan tetapi dalam keadaan fase yang sama saya tidak ada niat untuk bergabung ke Organisasi, hanya saja saya mengikuti Ekskul Futsal,Takraw,Volly dan itu pun di ekskul saya jarang datang tepatnya aku menjadi siswa yang pasif pada saat SMA.
    
     Lalu kalian bertanya apa saja sih yang deguh.com lakukan pada saat SMA?  Pada saat SMA saya itu hobinya pada saat jam belajar berlangsung pergi ke wc untuk menghabiskan waktu belajar bersama teman-teman, penyebabnya sederhana sih karena ada pelajaran yang kami tidak sukai atau mulai bosan dengan aktivitas pembelajaran yang bukan sesuai dengan minat dan bakat kami . 

     Hobi kami lainnya ialah bukan seperti anak OSIS atau MPK yang memiliki dan ingin membangun citra baik sekolah. Akan tetapi , saya dan teman-teman lainnya malah bersifat tidak baik dengan asik mengerjai adik kelas lalu menegakan senioritas dan bahkan pada saat Class meeting yang pada akhir semester dilakukan itu , pasti terjadi baku hantam karena kami anak kelas 12 wajib menang disegala perlombaan apapun dan adik kelas semacam Haram hukumnya untuk menang.

     Masa SMA bukan hanya saya dan teman-temanku lalui dengan mengerjai junior tapi kami juga pernah membela nama baik SMA. Walaupun kami terbilang nakal tapi untuk urusan SMA kami diolok atau diejek kami bangkit dan hasilnya hal bodoh kami lakukan dengan mengiyakan untuk kelai antar sekolah walaupun tak sampai ratusan orang hanya oknum-oknum saja.

     Saya tak pernah menyesali masa SMA ku yang penuh dengan bercak warna dan pasifnya berorganisasi . Hidup dengan fase dimana setiap pulang sekolah jam setengah 2 lalu sibuk mencari warkop untuk disinggahi hingga sore menjelang magrib baru pulang kerumah itulah fase yang itu-itu saja dilalui setiap harinya pada masa itu dan akhirnya saya mulai menemui titik jenuh . Semenjak kuliah saya memutuskan untuk bergabung ke Organisasi HMJ AKUNTANSI POLNEP meskipun pada mulanya tak begitu fanatik dengan Organisasi.

     Dengan bergabung ke organisasi HMJ meskipun saya bisa dikatakan baru bergabung menjadi anggota dengan berbagai macam program kerja, namun saya kini merasakan hidup yang jauh lebih bermanfaat dibandingkan dulunya. Kini aku lebih bisa menjaga emosi,lebih bisa menghargai pendapat orang lain dan hal positif lainnya. Mungkin salah seorang junior ku juga merasakan perubahan pada diriku dengan kemarin panitia memberikan tugas kepada maba membuat surat cinta dan ia tujukan padaku mungkin karena menghargaiku sebagai seniornya pada saat SMA. Ia menuliskan “Kamek tak nyangke abang ikot macam ginek ni bang macam HMJ sehenye abang ikot macam ginek bede sekali dengan SMA yang sukenye nyengkang kaki adek kelas’’. Teruntok adek-adek kelas Aku yang pernah Aku sengkang atau bahkan saya terajang dari hati Aku yang paling dalam Aku mohon maaf atas kebodohan Aku dimase SMA dan sekarang Insya Allah Aku udah berubah dan ndak gituk agik.

     Dengan surat itu Aku jadi berfikir bahwa bodoh dan konyol nya Aku pada saat SMA yang suka menyakitkan hati orang lain dengan anggapan menyengkang junior dan lain sebagainya. Dengan masa kuliah Aku sadar bahwa HMJ AKUNTANSI telah memberikan kontribusinya ke Aku untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi dan Aku sekarang percaya jika Organisasi itu penting untuk membentuk pribadi Aku yang jauh lebih baik lagi.

     Untuk itu, bagi kalian yang mungkin memiliki pemikiran yang sama seperti Aku pada saat SMA yang kalian hobinya nongkrong , slengekan dan menghabiskan waktu hanya untuk hal yang sia-sia maka dari itu Aku mengajak kalian untuk yuk coba gabung ke Ormawa baik itu BEM,MPM atau HMJ disana kalian bisa belajar mengenai sikap dan sifat yang baik , serta bisa belajar banyak hal untuk menjadi orang yang berguna karena belum ada kata terlambat untuk berubah menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi sebelum maut memanggil kalian .

     Semoga dengan tulisan pengalaman Aku ini bisa membuka pola pemikiran kalian para Siswa dan bahkan sebenarnya artikel ini ditujukan untuk kalian para Mahasiswa untuk bisa membuang sifat konyol pada saat menjadi Siswa karena sekarang kalian telah naik kasta menjadi MAHASISWA dan kalian adalah agen perubahan bangsa. Kurang lebihnya Aku mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam menulis dan semoga dengan membaca tulisan ini bermanfaat untuk kalian Aamiin..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar