Sedikit Cerita Tentang Dusun Bantai yang Kaya Akan Bukit - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Selasa, 29 Agustus 2017

Sedikit Cerita Tentang Dusun Bantai yang Kaya Akan Bukit

   Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, apa kabar sahabat deguh.com semua?  Semoga kalian selalu diberi kesehatan dan stamina yang prima guna menunjang segala macam bentuk aktivitas kalian tentunya . Pada kesempatan yang berbahagia ini deguh.com akan sedikit membahas dan mengulik mengenai pengalaman seru pada saat beberapa waktu yang lalu berkunjung dan berwisata di Bukit Bahu.



     Nah, pasti diantara kalian ada yang belum mengetahui dan bahkan belum pernah mendengar mengenai Bukit Bahu. Lalu, kini telah timbul sebuah pertanyaan dimana sih letak ataupun lokasi dari Bukit Bahu itu dan apa saja keunggulannya yang membuat deguh.com menghabiskan waktu beberapa hari disana? Tanpa panjang lebar kini deguh akan menjawabnya , jadi Bukit Bahu merupakan sebuah Bukit yang terletak di Desa Majel, Dusun Bantai, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, Kalbar.



     Berapa jam sih waktu yang diperlukan untuk dapat menjangkau Bukit Bahu? Jawabannya adalah pada waktu itu deguh.com pergi ke Bukit Bahu bersama total 9 teman yang terlebih dahulu berkumpul disalah satu rumah teman yang beralamat dijalan Tanjung Raya 1 pada pukul 04.30 lalu kami sholat subuh terlebih dahulu sebab sejauh mana pun kalian ngetrip jangan lupa berdoa supaya perjalanan yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar dan pulang dengan keadaan selamat serta tidak terjadi kurangan sesuatu apapun. Setelah sholat lalu kami mengisi bahan bakar kendaraan dan mengecek kembali segala bentuk perlengkapan yang kami perlukan selama diperjalanan secara matang seperti keperluan logistik dalam hal ini beras, sarden, indomie, kopi, gula, garam dan lainnya. Tak luput juga mempersiapkan perlengkapan lainnya seperti ponco (jas hujan), obat-obatan pribadi, pakaian dan tenda.





     Sekiranya pada pukul 07.00 WIB kami berangkat dari Pontianak menuju Kabupaten Sanggau yang jaraknya dapat dikatakan tidak dekat dan ditambah selama perjalanan cuaca yang tidak bersahabat sebab hujan yang mengguyur. Sekiranya pukul 12.00 WIB kami telah sampai di Desa Majel dan disambut dengan para anak-anak Desa tersebut yang menawarkan jasanya untuk menjadi pemandu untuk mendaki Bukit Bahu ini. Sebelum menjaki tentunya kita terlebih dahulu melapor kepada RT dan meminta ijin serta menitipakan kendaraan sepeda motor yang kami gunakan. Perlu Anda ingat dan Anda catat bahwasannya biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendaki Bukit Bahu ialah sebesar Rp. 12.000 per orang yang akan Anda bayarkan kepada Pak RT dan mungkin termasuk biaya menyimpan motor sebab tak perlu Anda khawatir sepeda motor Anda akan aman sebab disimpan didalam rumah sang RT.



     Disana kami berjumpa dengan teman-teman yang juga berasal dari Pontianak yang sebelumnya kami juga mengenal mereka dan juga mengetahui jika mereka akan berkunjung ke Bukit Bahu namun mereka berangkat yang jauh lebih awal dibandingkan rombongan kami. Pada saat Anda kesana, Anda tak usah merasa heran apabila melihat anak-anak kecil laki-laki yang sudah terbiasa merokok dihadapan orang tua mereka sebab ini dapat dijadikan semacam budaya jika Anda berkunjung ke suatu daerah yang masih banyak hutannya sebab dikatakan dengan merokok atau membakar sesuatu dengan timbulnya asap maka itu dapat mengusir gangguan mahluk halus yang ada disekitar kita pada saat berada dialam bebas atau alam terbuka supaya mereka tidak mengganggu kita. Memerlukan waktu sekitar kurang lebih satu jam untuk mendaki hingga puncak Bukit Bahu dengan didukung dengan stamina yang kuat tentunya.




     Foto : Pria yang disebelah kanan dan kiri adalah pemandu  yang masih duduk dibangku SD


    Hamparan lembah dan Bukit akan memanjakan Anda, belum lagi hamparan awan yang siap menyambut Anda dengan diselimuti hembusan angin yang lembut yang siap menyapa Anda. Rasanya cocok dan pas apabila Bukit Bahu masuk kedalam list tempat wisata yang akan Anda kunjungi selanjutnya sebab Bukit Bahu adalah salah satu aset ataupun destinasi wisata yang sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat tujuan wisata untuk Anda yang ingin menenangkan pikiran yang telah penat dengan berbagai macam kesibukan aktivitas sehari-hari tentunya , bukan hanya terdapat Bukit Bahu di Desa Majel , Dusun Bantai, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, Kalbar . Akan tetapi, juga terdapat Bukit Bellew dan Bukit Bonto’k yang jaraknya dapat dikatakan sangat berdekatan dengan menyajikan berbagai macam keindahan yang tak kalah dengan Bukit Bahu . Jika Anda ada waktu lebih maka tak ada salahnya jika berkunjung ke daerah perbatasan sebab Majel , Dusun Bantai, Kecamatan Bonti tak jauh dari perbatasan Indonesia-Malaysia. Selamat liburan sahabat deguh.com semua dan semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian , Aamiin .






7 komentar:

  1. Keren artikelnya, rencana saya pertengan desember nanti mau ke Bukit Bahu. Kalau boleh tau untuk bawa anak2 desa (guide) berapa ya bayarannya? kemudian untuk ketinggian bukit bahu kira2 berapa mdpl?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas kak bayarnya berapa seikhlasnya kita aja. Makasih kak sudah mampir ke blog saya

      Hapus
    2. terima kasih atas informasi nya teguh, hehe ntar mampir di tulisan kakak tentang bukit bahu juga yaa

      Hapus
  2. Wow keren kok aku baru tau yaa

    BalasHapus