Keistimewaan Bulan Ramadhan - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Senin, 12 Juni 2017

Keistimewaan Bulan Ramadhan




 


     Keistimewaan Bulan Ramadhan - Sekarang kita telah memasuki puasa yang ke 17 hari . Ramadhan telah menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim diberbagai penjuru dunia. Pada bulan ini juga kita akan menunaikan sholat tarawih dan melaksanakan puasa Ramadhan. Pada artikel ini penuls akan membahas mengenai bulan yang penuh berkah ini apalagi , jika Anda melaksanakan umroh pada bulan ramadhan maka akan ada pahala-pahala yang akan Anda peroleh sebab sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwasannya bulan ramadhan pahala amal yang kita kerjakan akan memperoleh pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT .

      Terdapat seruan dan ajakan kepada kita umat Muslim untuk mengerjakan puasa pada bulan ini Allah SWT berfirman dalam (QS: Al Baqarah: 183-184), yang artinya :

      “Hai orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah ia berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jia ia tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” .

      Lalu kini Anda bertanya-tanya apa-apa saja sih keutamaan atau keistimewaan dari bulan dan mengerjakan puasa Ramadhan? Berikut pembahasannya untuk Anda:

1. Al Qur’an diturunkan pada saat bulan Ramadhan

Perlu Anda ketahui bahwasannya Al Qur’an itu turun pada saat bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman dalam (QS. Al Baqarah [2] : 185) yang artinya adalah:

       “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”

2. Bau mulut orang yang sedang berpuasa itu baik di sisi Allah SWT

Dengan mengingat pada saat kita berpuasa kita tidak makan dan tidak minum maka kadar air liur akan semacam terganggu dan aktivitas mulut yang fakum beberapa saat akibat puasa mengakibatkan bau mulut, akan tetapi tahukah Anda bahwasannya bau mulut orang yang puasa itu baik disisi Allah SWt? Rasulullah SAW bersabda :

“ Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada harumnya minyak misik” .

Dari sabda Rasulullah SAW diatas dapat kita simpulkan dan dapat kita ambil sebuah pelajaran yaitu bahwa bau mulut seseorang yang berpuasa itu sangatlah baik sebab itulah perjuangan mereka menahan lapar dan haus dari sahur hingga waktunya berbuka puasa .

3.  Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan yang selanjutnya adalah yang terdapat didalam bulan Ramadhan yaitu terdapat malam Lailatul Qadar yang malam ini lebih baik dari seribu bulan. Allah SWT berfirman dalam (QS. Al Al Qadr ayat 1-3 dan didalam QS. Ad Dukhan ayat 3, yang artinya adalah :

      “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 1-3)

      “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan [44] : 3).

Dengan kedua arti diatas dapat kita ketahui bahwasannya malam lailatul qadar memiliki banyak sekali kemuliaan dan banyak orang berbondong-bondong untuk memperoleh malam ini .


4. Dikabulkannya doa

Keistimewaan atau keutamaan bulan Ramadhan adalah dikabulkannya doa jika kita memanjatkannya. Rasullullah SAW bersabda yang artinya :

      “Sesungguhnya Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka setiap siang dan malam dalam bulan Ramadhan, dan semua orang muslim yang berdo’a akan dikabulkan do’anya” (HR Bazzar dan Ahmad) .

5. Dibebaskan dari api Neraka

Keistimewaan selanjutnya adalah dibebaskannya dari api neraka Rasulullah SAW bersabda  yang yang di riwayatkan oleh Ahmad dan Hakim yang artinya Puasa adalah perisai (yang melindungi) dari api neraka  . Sementara itu terdapat pula hadist lain yang berarti “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah kecuali Allah menjauhkan wajahnya dengan hari itu dari api neraka tujuh puluh musim” (HR. Jama’ah) .

6. Memperoleh  Surga Allah SWT

Selanjutnya adalah keistimewaan jika Anda memanfaatkan bulan puasa sebaik mungkin adalah memperoleh Surga dari Allah SWT. Dari Sahl ra berkata Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
      “Sesungguhnya di Surga itu terdapat satu pintu yang diberi nama ar-Rayyan. Dari pintu itu orang-orang yang berpuasa akan masuk pada hari Kiamat kelak. Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu selain mereka. Ditanyakan, ‘Mana orang-orang yang berpuasa?’ Lalu mereka pun berdiri. Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu itu selain mereka. Jika mereka sudah masuk, maka pintu itu akan ditutup sehingga tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut .”

7. Dosa akan dihapuskan

Terdapat hadist-hadist yang menjelaskan bahwasannya terdapat keistimewaan jika melaksanakan ibadah puasa sebaik mungkin yakni Dari Abu Hurairah ra dari Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Barangsiapa yang berpuasa pada saat bulan Ramadhan dengan penuh iman dan juga ihtisab (mengharap wajah Allah) maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR Bukhari dan Muslim) .
Terdapat pula hadist lain yang mengatakan bahwasannya“Shalat yang lima waktu, Jum’at ke Jum’at. Ramadhan ke Ramadhan merupakan penghapus dosa yang terjadi di antara tenggang waktu-waktu tersebut selama menjauhi dosa besar”. (HR Muslim) .
Bukan hanya kedua hadist diatas, akan tetapi terdapat pula hadist yang menjelaskan “Barangsiapa yang mendapati bulan Ramadhan , akan tetapi tidak terampuni dosanya maka akan masuk neraka dan akan Allah SAWT jauhkan dia, katakan “Aamiin”, maka akupun mengucapkan Aamiin” (HR Ibnu Khuzaimah Ahmad).

8. Setan Dibelenggu oleh Allah SWT

Selanjutnya adalah keistimewaannya yakni Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi “Apabila Ramadhan datang, pintu surga akan dibuka, pintu neraka akan ditutup, dan setan pun akan dibelenggu.” (HR. Muslim) .

9. Amalan yang akan dibalas langsung oleh Allah SWT

Terakhir adalah keistimewaan memanfaatkan bulan ramadhan sebaik mungkin adalah amalan yang kita lakukan akan langsung dibalas oleh Allah SWT, Allah SWT berfirman:
      “Setiap amal anak Adam untuknya kecuali puasa, maka itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya” (Muttafaq ‘Alaih).



      Itu dia keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan kita temui semoga kita dapat memanfaatkan bulan ramadhan yang suci ini dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan ampunan dan pahala yang berlipat ganda yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua Aamiin. Semoga dengan Anda membaca artikel kami ini akan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda. Dengan ini penulis memohon maaf jika terdapat kesalahan dalam menulis sebab kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata dan kesalahan datangnya dari penulis yang hanya manusia biasa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar