Senin, 19 Juni 2017

Diary Ramadhan Penuh Berkah 2017 HMJ Akuntansi

         Deguh.com - "Ramadhan Penuh Berkah Bersama Abutours & Travel" . Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, pada kesempatan yang berbahagia ini dan masih benuansa pada bulan suci Ramadhan ijinkan penulis ingin membahas mengenai sebuah agenda acara yang diselenggarakan oleh HMJ Akuntansi Polnep dalam agenda Acara yang bertajuk Bubur Aksi 3 dan SOTR . Mungkin diantara pembaca semua ada yang belum paham dan belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Bubur Aksi 3 dan SOTR. Jika , Anda belum tau maka tak usah khawatir sebab pada artikel kali ini penulis secara khusus melaporkan dan memberi sedikit informasi kemarin yang kami lakukan yaitu tepat pada tanggal 31 Mei  - 1 Juni 2017.




     Bubur Aksi 3 (Buka Puasa Bersama HMJ Akuntansi 3) yaitu sebuah agenda berbuka puasa yang diselenggarakan oleh HMJ Akuntansi Politeknik Negeri pontianak dengan mengundang pada para pihak diantaranya para Dosen Jurusan Akuntansi, Ormawa yang ada dilingkungan Polnep, dan pihak lainnya seperti HMP (Himpunan Mahasiswa Poltekes Pontianak ) serta para santri Pondok Pesantren untuk menghadiri buka puasa bersama di Masjid Al-Hadid (POLNEP) pada pukul 15.30-selesai yang diisi dengan Tausiah atau ceramah dari Ust. Sardiawan Umar, S.Pd.I,M.Pd.I yang juga selaku Dosen di Politeknik Negeri Pontianak. Acara Bubur Aksi yang ke 3 ini artinya adalah ini agenda buka puasa bersama tahun ke3 yang diselenggarakan oleh HMJ Akuntansi Polnep dengan bertemakan “Meraih Berkah Ramadhan Dalam Indahnya Perbedaan”

Tausiah Ustadz : 



Penampilan Tim Kasidah :






      Acara ini dibuka langsung oleh Tirta Chandrika, selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Pada acara kemarin terdapat pula agenda seperti halnya Tadarus, menyaksikan penampilan seni marawis atau kasidah dan lain sebagainya. Setelah adzan berkumandang maka kami langsung menyantap menu berbuka puasa yang telah disediakan dengan terlebih dahulu membaca doa berbuka puasa lalu dilanjutkan dengan Sholat Magrib berjama’ah, Sholat Isya berjama’ah dan Sholat Tarawih berjama’ah di Masjid Al-Hadid (POLNEP) .


Suasana Buka Puasa di tempat Ikhwan :



Suasana Buka Puasa di tempat Akhwat :



      Perlu Anda catat dan Anda ingat bahwasannya manfaat dari buka puasa bersama adalah untuk mempererat emosionalitas (ukhuwah), kemudian untuk meningkatkan semangat membantu orang lain sesama Muslim, menjadi sebuah media fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) dengan di dalam buka bersama terdapat kegiatan ibadah secara kolektif, dan lain-lainnya.  Adanya manfaat-manfaat besar semacam ini maka menjadikan buka puasa bersama sebagai tradisi yang baik yang selayaknya harus terus dilestarikan serta harus dapat ditingkatkan akan kualitasnya .


      Puasa bukan hanya menahan lapar dan menahan dahaga, akan tetapi lebih indah dengan kita berbagi dan memberi kepada sesama dan perlu diingat bahwasannya salah satu waktu terkabulnya do’a adalah doa orang yang sedang berpuasa . Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi :


ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ


      Artinya adalahAda tiga orang yang do’anya tidak ditolak yakni yang pertama Pemimpin yang adil, Kedua adalah Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, Kettiga adalah Do’a orang yang terdzolimi.”  (HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).


      Pada salah satu MISI HMJ Akuntansi Polnep adalah berbunyi Menjalin dan mengkampanyekan Hubungan Baik dengan organisasi kemahasiswaan lain dalam rangka ekspansi pengaruh dan citra baik organisasi. Dengan agenda acara semacam ini Bubur Aksi 3 (Buka Puasa Bersama HMJ Akuntansi 3) merupakan perwujudan dari Misi ini dan Misi HMJ Akuntansi Polnep bukan hanya sebatas Misi tanpa ada realita yang ada dilapangan, ini adalah bukti dari HMJ Akuntansi dengan menjalin hubungan baik dengan ormawa dan pihak lainnya .


      Bukan hanya sebatas melakukan agenda acara Buka Puasa Bersama, akan tetapi pada Bulan Ramadhan kali ini HMJ Akuntansi Polnep juga melakukan agenda SOTR (Sahur On The Road) yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2017 yang dimulai dari pukul 2 dini hari dengan tema “ Bersihkan Hati Dengan Berbagi”.   




     Sahur On The Road ialah kegiatan makan sahur yang dilakukan oleh HMJ Akuntansi Polnep yang di lakukan dijalan serta memberikan makan sahur kepada orang-orang yang kami temui di jalan dengan tujuan memberikan sedikit makanan kepada orang-orang yang menghabiskan waktu subuh mereka dijalanan dengan harus menahan gigil udara malam demi bekerja menafkahi keluarga . SOTR ini sesungguhnya ialah sebuah kegiatan yang sangat mulia hal ini dikarenakan kegiatan ini bertujuan untuk dapat berbagi kepada sesama di bulan yang suci Ramadhan  dan memperoleh Berkah Ramadhan

Penyerahan Makanan dari Ketua Penyelenggara Acara :






Penyerahan Makanan dari Perwakilan HMP  :






      Agenda acara kali ini ditutup dengan makan sahur bersama di Masjid Mujahidin dan Sholat berjama’ah di Masjid Mujahidin, semoga dengan acara semacam ini akan dapat memberikan manfaat kepada kita semua dan semoga Allah SWT memberikan kita pahala yang lebih dibulan suci Ramadhan ini . Aamiin  Tulisan ini sedang mengikuti Blog Contest Ramadhan  Bersama Abutours & Travel  #LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah #SemuaBisaUmroh





         Tulisan ini sedang mengikuti Blog Contest Ramadhan  Bersama Abutours & Travel  #LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah #SemuaBisaUmroh

0 comments:

Posting Komentar