Ayo Nikmati Pesona Traveling Selama Ramadan diLombok! - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Senin, 12 Juni 2017

Ayo Nikmati Pesona Traveling Selama Ramadan diLombok!

    Deguh.com-Ayo Nikmati Pesona Traveling Selama Ramadan diLombok Pariwisata halal yang akhir-akhir ini sangat booming adalah bagian dari industri pariwisata yang diperuntukan dan ditujukan untuk para wisatawan Muslim , akan tetapi orang yang beragama Non-muslim juga dapat menikmati konsep wisata  ini . Pelayanan wisatawan dalam konsep pariwisata halal pada konsepnya adalah merujuk kepada aturan-aturan Agama Islam. Salah satu contoh dari bentuk pelayanan berbasis dan berkonsep wisata halal .



Tulisan ini sebagai peserta Lomba Blog www.genpilomboksumbawa.com


      Pada saat sekarang ini kita telah memasuki Bulan Ramadhan tepatnya 17 Ramadhan. Walaupun bulan suci ini paling baik digunakan untuk lebih fokus memenuhi kewajiban ibadah serta meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT, namun Ramadan juga bisa menjadi momen yang pas untuk aktivitas traveling lho! Namun tetapi, melakukan perjalanan ataupun semacam traveling pada saat bulan puasa memanglah memiliki banyak sekali rintangan, oleh sebab itu dibutuhkan persiapan yang cukup ekstra dalam berbagai macam hal. Mulai itu dari segi fisik, mental hingga perbekalan yang harus matang  .


      Pada artikel kali ini deguh.com akan membahas mengenai destinasi wisata halal yang ada di Lombok Sumbawa  . Ada diantara pembaca sekalian yang tidak mengenal Lombok? Pulau yang memiliki keindahan nan elok ini nyatanya terkenal hingga ke mancanegara. Lombok yang memiliki julukan Kota Pesona Seribu Masjid , Hal ini  dikarenakan Lombok yang memiliki banyak sekali masjid yang pada setiap kabupatennya memiliki masjid serta disini sangat mudah menjumpai masjid dan tepat untuk berwisata menjunjung tinggi konsep halal .Pulau Lombk yang dihuni oleh penduduk mayoritas yang beragama muslim total sebesar 96 persen .Bukan hanya terkenal dalam hal wisata religinya,akan tetapi disini di Kota PesonaSeribu Masjid dikenal memiliki keindahan alamnya yang sangat indah nan elok dipandang mata .

   Terdapat beberapa-beberapa masjid yang terdapat di Lombok yang dapat Anda kunjungi dan sebagai bukti bahwa Kota ini berjuluk Kota PesonaSeribu Masjid yakni :

1. Masjid Islamic Center Lombok

Pertama adalah Masjid Islamic Center Lombok yaitu sebuah masjid yang memiliki luas sekitar 6,7 hektare dan menjadikannya sebagai masjid terbesar yang ada di Pulau Lombok bahkan terbesar di Nusa Tenggara Barat. Masjid yang memiliki menara dan berjuluk " Menara 99 '' yang diambil dari Asmaul Husna di Al-Quran serta sekaligus menjadikannya sebagai menara tertinggi yang ada di NTB. Berlokasi di pusat Kota Mataram, membuat para wisatawan dapat menempuh dengan mudah jika ingin kesini . Masjid yang memiliki desain arsitektur yang sangat cantik nan elok dengan ciri khas motif batik Sasambo di Kubah masjid yang mana motif batik khas dari Provinsi NTB .



2. Masjid Jamik Al-Akbar Masbagik

Selanjutnya terletak di daerah Masbagik yakni Masjid Jamik Al-Akbar Masbagik yang memiliki desain arsitektur seperti masjid yang ada di Timur Tengah. Meskipun tidak tergolong luas halamannya, akan tetapi  kemegahan dari masjid yang satu ini tidak perlu Anda ragukan. Letak masjid Masjid Jamik Al-Akbar Masbagik berada tepat di pinggir jalan raya besar ataupun pada perempatan Masbagik. Rasanya wajib jika Anda berkunjung kesini sebab menikmati Kota Pesona Seribu Masjid sambil berwisata religi di Bulan Ramadhan .



3. Masjid Agung Al-Mujahidin Selong

Masjid Agung Al-Mujahidin Selong yakni sebuah masjid yang berlokasi di Kota Selong, Lombok Timur. Kurang lebih memerlukan waktu sekitar 1,5 jam waktu tempuh perjalanan dari Kota Mataram dengan menggunakan moda transportasi motor ataupun dengan mobil. Perlu Anda ketahui bahwasannya pada dulunya masjid yang satu ini merupakan masjid yang megah yang ada di Pulau Lombok bahkan di Provinsi NTB sebelum dibangunnya Masjid Islamic Center di Kota Mataram. Akan tetapi, tak ada salahnya jika Anda ke masjid yang satu ini sebab kemegahan dan keindahan warna cat yang digunakan pada area dinding dan dikubah masjidnya apalagi jika saat senja sangat indah pemandangannya. Mari berwisata ke Kota Pesona Seribu Masjid .




4. Masjid Raya Attaqwa Mataram

Memanglah benar bahwa Kota Mataram pada saat sekarang ini memiliki dua buah bangunan masjid besar yaitu Masjid Islamic Center dan Masjid Raya Attaqwa yang berlokasi di tengah Kota Mataram. Masjid ini pada dulunya menjadi masjid terbesar yang ada di Kota Mataram sebelum dibangunnya Masjid Islamic Center. Apabila dilirik dari posisinya, Masjid Raya Attaqwa ini tepat berhadapan dengan Masjid Islamic Center. Masjid ini juga memiliki arsitektur bangunan yang tergolong tua dan sederhana , namun demikian masjid ini memberikan kenyamanan serta kesejukan apabila Anda berada di dalamnya .





      Bukan hanya terkenal akan masjid nya, Lombok yang telah meraih dua buah penghargaan bergengsi yakni World's Best Halal Honeymoon Destination dan World's Best Halal Tourism Destination . Keberhasilan dalam dunia Pariwisata Indonesia di ajang The World Halal Travel Summit and Exhibition Award 2015 yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), pada Oktober 2015 yang lalu semakin menaikkan nama pariwisata Indonesia di tingkat dunia ini khususnya di Lombok .


      Dengan memperoleh dua buah penghargaan ini semakin menajamkan positioning Lombok sebagai sebuah destinasi wisata halal yang berkelas dunia dan menjadi modal yang sangat penting untuk bisa menarik pasar wisatawan muslim mancanegara. Sebagai sebuah daerah yang memperoleh gelar diatas menjadikan , Nusa Tenggara Barat (NTB) berharap dapat memaksimalkan momen Bulan Suci Ramadan ini . NTB yang sangat gencar mendorong konsep wisata halal pada saat Bulan Ramadhan ini dengan program Pesona Khazanah Ramadan di Bumi Seribu Masjid. Pesona Khazanah Ramadhan pada saat ini menjadi icon Lombok kurun waktu satu bulan penuh puasa . Destinasi yang sangat amat terkenal sebagai Kota PesonaSeribu Masjid akan menyajikan sebuah kegiatan menarik pada bulan Ramadhan ini guna menarik wisatawan serta mempromosikan Lombok agar lebih dikenal dunia .



      Perlu Anda ketahui bahwasannya salah satu penghargaan award yang diraih oleh Pulau Lombok menempatkan wilayah Lembah Sembalun sebagai sebuah tempat Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. Dengan memperoleh Award ini membawa Lembah Sembalun menjadi nominasi kategori World Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang World Halal Travel Award 2016 yang lalu . Lalu kini sebagian dari Anda bertanya-tanya apa sih alasan mengapa harus honeymoon di Lembah Sembalun ? Anda penasaran? Yuk simak ulasannya kami hadirkan untuk Anda :




1. Masyarakat yang ramah dan islami

Alasan pertama Anda harus ke Kota Pesona Seribu Masjid ini adalah untuk honeymoon di Lembah Sembalun yakni Masyarakatnya yang sangat ramah dan welcome kepada para wisatawan. Telah dikatakan sebelumnya bahwasanya mayoritas penduduk Lombok beragama Islam . Perempuan-perempuan yang menggunakan hijab bukanlah pemandangan langka yang dapat Anda lihat pada saat disana. Bukan hanya itu, ketersediaan akan kemudahan menemukan tempat ibadah seperti halnya masjid dan juga mushola juga dapat Anda temukan dengan mudah di pinggir jalan utama Sembalun inilah salah satu alasan mengapa Lombok dijuluki sebagai PesonaSeribu Masjid.

Masyarakat Sembalun yang sangat terkenal dengan sifatnya yang ramah. Berbincang-bincang dengan masyarakat akan dapat membuat Anda lebih mengetahu masyarakat sekitar dan budayanya.Bukan hanya itu daerah Sembalun merupakan daerah yang sangat aman. Melihat para petani memarkirkan sepeda motor mereka tanpa harus melepaskan kunci adalah hal yang sangat biasa di sini. Jadi Anda tak perlu khawatir sebagai wisatawan yang berkunjung disini hal ini dikarenakan terjaminnya keamanan dan juga rasa nyamanakan Anda peroleh pada saat ke Sembalun.


2. Udara yang nyaman

Alasan kedua Anda harus ke Kota Pesona Seribu Masjid ini adalah untuk honeymoon di Lembah Sembalun yakni pada saat Anda memasuki wilayah Lembah Sembalun maka Anda akan disambut oleh hutan yang hijau. Pepohonan ini yang secara otomatis menghasilkan oksigen yang terfolong bersih dan berasa segar. Pada wilayah Lembah Sembalun Anda tidak membutuhkan pendingin ruangan, mengapa demikian? Hal ini dikarenakan lokasi di sekitar pegunungan menyembabkan suhu udara Sembalun yang terkategori sangat dingin .

Menurut salah seorang warga Sembalun, udara yang tergolong bersih nan segar yang akan Anda jumpai di Lembah Sembalun sangatlah bagus bagi pasangan pengantin baru. Ia bercerita bahwasannya terdapat pasangan suami istri yang telah lama menikah dan mereka tak dikaruniai anak. Setelah mereka pindah ke Sembalun, pasangan ini dikaruniai seorang anak. Hal ini dikarenakan bersihnya udara dan segarnya udara Sembalun sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan seseorang yang tinggal disana .



3. Wisata Budaya

Alasan ketiga Anda harus ke Kota Pesona Seribu Masjid ini adalah untuk honeymoon di Lembah Sembalun yakni bukan hanya menyajikan keindahan alam yang sangat elok, Lembah Sembalun juga kaya akan kearifan budaya lokal masyarakat. Di Sembalun Anda dapat melihat bagaimana proses pembuatan kain tenun yang khas dari Pulau Lombok. Proses pembuatan kain tenun ini mulai dari pembuatan benang dari kapas, pewarnaan benang, hingga dalam hal menenun kain ataupun nyesek dalam bahasa sasak Lombok.



Bukan hanya itu, Sembalun yang memiliki kampung adat Beleq yang mana merupakan rumah adat tertua di daerah Sembalun. Kampung adat Beleq yang hanya terdiri dari tujuh buah rumah ini merupakan bekas dari tempat tinggal leluhur masyarakat Lembah Sembalun. Hingga sekarang ini, rumah adat yang satu ini masih dapat bertahan meskipun telah tak dihuni lagi. Kampung adat beleq hanya digunakan pada saat upacara-upacara adat masyarakat Sembalun .

4. Mudahnya menemukan makanan Halal nan murah

Alasan keempat Anda harus ke Kota Pesona Seribu Masjid ini adalah untuk honeymoon di Lembah Sembalun yakni disini Anda akan sangat mudah menemukan makanan yang halal dengan harga yang sangat terjangkau dengan kantong. Para Wisatawan muslim yang datang ke Sembalun tak perlu merasa khawatir akan ketersediaan makanan halal hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat Sembalun beragama Islam .

Di Lembah Sembalun Anda dapat mencicipi berbagai macam makanan khas masyarakat seperti nya hakelaq bateh, sambal beberuq, dan lainnya . Bukan hanya itu, Anda juga dapat menikmati kopi sembalun yang telah lama terkenal di seluruh penjuru dunia. Kopi sembalun yang memiliki aroma dan juga rasa yang sangat khas hal ini dikarenakan tumbuh di dataran tinggi. Menyeruput kopi sembalun sambil menghirup udara segar di pagi hari akan menjadi moment romantis bersama pasangan Anda.



5. Penginapan yang murah

Alasan kelimaAnda harus ke Kota Pesona Seribu Masjid ini adalah untuk honeymoon di Lembah Sembalun yakni ketika Anda berbulan madu di Lembah Sembalun tak akan membuat kantong Anda habis dalam hal tempat penginapan. Hal ini mengingat bahwasannya di wilayah Lembah Sembalun terdapat banyak sekali penginapan dengan harga yang relatif terjangkau. Kisaran harga penginapan ialah Rp. 150.000,- hingga Rp. 350.000,- dengan fasilitas yang sangat memadai . Penginapan dan juga villa di wilayah Lembah Sembalun biasanya memiliki desain tradisional, sangatlah pas dan cocok bagi Anda yang menyukai suasana pedesaan. Di wilayah ini tak ada hotel berbintang dengan bangunan yang sangat megah nan mewah seperti di perkotaan .



6. Sembalun tempat yang Sunyi

Alasan keenam Anda harus ke Kota Pesona Seribu Masjid ini adalah untuk honeymoon di Lembah Sembalun yakni sembalun yang berasa sunyi, Bulan madu ialah salah satu moment yang sangat indah bagi setiap pasangan yang baru menikah. Menikmati masa-masa romantis berdua membutuhkan suasana yang tergolong sunyi dan juga jauh dari hingar bingar daerah perkotaan. Lembah Sembalun yang menjadi tempat yang sangat tepat untuk dapat menikmati kesunyian bersama pasangan Anda. Lembah Sembalun yang terletak sekitar 110 km dari Kota Mataram. Di wilayah Sembalun ini tak ada aktivitas masyarakat yang dapat membuat suasana bising dan juga ramai .



7. Pemandangan Gunung Rinjani

Alasan terakhir mengapa Anda harus ke Kota PesonaSeribu Masjid ini adalah Anda dapat melihat keindahan Gunung Rinjani pada saat pagi hari bersama pasangan Anda akan menjadi moment yang sangatlah romantis. Gunung Rinjani seolah –olah menaungi wilayah Sembalun dengan pesonanya yang elok. Apabila Anda dan pasangan ingin menikmati keindahan savana Gunung Rinjani, maka Anda dapat mengajak pasangan Anda sekedar berjalan-jalan di jalur pos satu Rinjani. Di jalur pos satu Gunung Rinjani yang masih landai, Anda dapat  menemukan banyak sekali tempat spot foto yang indah dan juga sangat cocok untuk foto prawedding.



      Itu dia ulasan singkat yang dapat deguh.com sampaikan untuk Anda, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan Anda akan wisata halal yang sangat yang ada diKota Pesona Seribu Masjid . Penulis memohon maaf jika terdapat kesalahan pada saat menulis sebab kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

      

28 komentar:

  1. Mantap sekali infonyeee ��

    BalasHapus
  2. keran teman. jadi pengen ke lombok rasanya (y)

    BalasHapus
  3. Duh jadi pengen ke Lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo nikmati Lombok selama Ramdhan, indah banget lo nuansa islami nya sangat kental

      Hapus
  4. Balasan
    1. Bener mas, apalagi saat sekarang ini Bulan Suci Ramadhan Lombok akan jauh lebih indah mas

      Hapus
  5. Mantap. Indonesia emang pny byk keindahan alam natural sprti lombok. Nice info gan

    BalasHapus
  6. Waah info yang menarik, jadi pengen ke lombok. Ga sabar nih

    BalasHapus
  7. Sangat menarik, thanks info nya

    BalasHapus
  8. info yang sangat bermanfaat. jadi,saya dapat mengetahui apa-apa saja hal yang menarik di lombok. di mulai dari wisata,kuliner,budaya,suasana, dan sejarah setiap masid yang ada di lombok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih gan udah mampir ke blog saya . Mudah2an bermanfaat infonya. Aamiin

      Hapus
  9. Makasih infonya mas bermanfaat sekali ��

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Iya Lombok memang mantap dengan menyajikan berbagai macam keindahan alam, kearifan budaya lokal , masyarakat yang ramah menjadikan Lombok wajib untuk Anda kunjungi.

      Hapus
  11. Berkunjung dari Selong Lotim.

    Tampiasih ya sudah masukkan masjid raya kebanggaan kota Selong di salah satu reviewnya.
    Sepakat deh dengan ulasan-ulasan side tentang Lombok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak, makasih ya mbak sudah mau berkunjung ke blog sederhana saya .

      Hapus