Kamis, 16 Februari 2017

Mari Nikmati Indahnya Pulau Penata kecil

       Sungguh indah tanah borneo itulah kata yang tepat untuk menunjukkan tahan sejuta cerita dan rahasia ini. Tak akan ada habis-habisnya jika kita membicarakan mengenai "Indahnya Bumi Indonesia" termasuk pula di Pulau Kalimantan. Aku lahir di Pulau Kalimantan tepatnya di Kalimantan Barat Kota Pontianak yang sangat misteri akan namanya. Kalimantan Barat tak kalah indahnya dengan tempat wisata lainnya seperti ditanah jawa maupun ditanah papua. Banyak sekali objek-objek wisata yang terdapat di Kalbar salah satunya pada kesempatan kali ini deguh.com akan memberikan sedikit cerita maupun pengalaman saat baru-baru ini jalan-jalan ke Pulau Penata Kecil yang terletak di Bengkayang.


        Jika kamu yang berada di Kalbar maupun luar Kalbar yang telah penat akan aktivitas-aktivitas sehari-hari yang super duper padat yang bosan berkunjung hanya ke mall ataupun hanya ke pantai. Nih cobain sensasi Pulau Penata Kecil tak kalah indah loh sama Pulau-pulau yang berdekatan dengannya seperti halnya Pulau Kabung, lemukutan, Randayan dll. Disini kamu dijamin akan merasakan sensasi liburan dan jalan-jalan yang berbeda sebab sebagaimana pengalaman saya ke Pulau ini, Penata kecil masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan sebab pulau ini kurang diexplore , jadi untuk Anda yang sangat menyukai tempat yang santai dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan ingin seperti berkunjung ke Pulau pribadi boleh ni berkunjung kesini.



        Di pulau yang satu ini Anda tidak usah khawatir akan penduduk setempat, sebab penduduk didaerah Penata kecil sangatlah baik dan juga ramah-ramah , mereka akan menyambut kita dengan suka dan senyuman. Asal kamu tau bahwasannya dominan dari masyarakat Pulau Penata berprofesi sebagai nelayan yang mana mereka beraktivitas pada malam hari. Kebiasaan mereka melaut mencari ikan dengan cara menggunakan bagan ikan. Apa itu bagan ikan? Nah jika kamu belum tau apa itu bagan ikan, jadi bagan ikan itu adalah salah satu jenis alat untuk menangkap ikan -ikan kecil. Pada pengoperasian bagan apung kinerjanya dilakukan pada malam hari dengan menggunakan alat pancing media lampu yang dinyalakan sehingga pada saat ikan-ikan yang berkumpul mengecar cahaya lalu alat ini pun segera diangkat.




        Hamparan laut di Pulau Penata Kecil ini sangatlah indah dipandang mata, kamu dapat menikmati keanekaragaman ikan dan juga biota laut yang siap akan memanjakan mata ,tak jarang pula jika rejeki maka Anda akan dapat melihat ikan lumba-lumba dan juga penyu. Karang di pulau ini dapat dikatakan baik dan menawan sebab sedikitnya para wisatawan ke pulau ini berdampak positif kepada batu karang yang masih alami dan juga belum terjamah atau terinjak oleh para wisatawan sebagaimana dipulau lainnya. Jika Anda tau bahwasannya karang itu jika terpijak maka akan bisa mati dan informasi yang saya dapat dari masyarakat sekitar adalah membutuhkan waktu puluhan tahun untuk batu karang tumbuh lagi. Wah yuk mulai sekarang sayangi karang sebab ia adalah tempat bersembunyi atau rumah bagi para ikan dan juga biota laut lainnya.




        Bagi Anda yang hobi memancing dan juga hobi jalan-jalan boleh ni ke Pulau Penata sebab disana kaya akan hasil ikannya. Jika Anda kesana akan diajak oleh masyarakat setempat untuk ke bagan memancing ikan. Biasannya sih orang setempat akan ke bagan unuk mencari ikan sekitar pukul 17.00 hingga pukul 07.00 dan apabila siang hari mereka tidak ke bagan dan beristirahat dirumah. Pada saat malam harilah Pulau ini terasa sepi sebab nelayan semuanya melaut menginap dibagan hanya menyisakan anak dan istri mereka dirumah. Jika Anda bertanya apakah dipulau ini terdapat listrik? Maka jawabannya adalah tidak, akan tetapi tidak usah khawatir sebab sinyal ada dipulau ini dan juga masyarakat sekitar akan membantu Anda dalam hal penerangan dimalam hari ataupun mengecas Hp sebab ia meminjamkan kita genset untuk listrik dimalam hari.



        Ya, kita sebagai pendatang harus dapat bersosialisasi dan juga berinteraksi dengan masyrakat sekitar dengan baik. Dimanapun kita berada kita harus bisa mencontoh bunglon yakni menyesuaikan dimana kita berada dan melebur dengan masyarakat sekitar. Di dermaga telok suak menuju ke penata kecil pada waktu itu Aku dan temanku menaiki kapal motor bang ampang, ia adalah orang yang dapat dikatakan salah seorang masyarakat penata kecil yang sangat baik kepada kami. Disana kami diberi fasilitas oleh ia rumah untuk kami menginap,air minum, dan lainnya. Nah untuk kamu juga ni yang belum tau bahwa Puau Penata Kecil adalah penghasil ikan teri yang sangat terungul loh ya memang masyrakat setempat berprofesi sebagai nelayan yang menggunakan media bagan untuk mencari ikan teri. Pada saat kami disana nelayan setempat atau warga sekitar setiap paginya seusai dari bagan akan memberi kami ikan-ikan laut untuk kami masak untuk dijadikan lauk. Jadi gak bakalan nyesel deh kalau kalian berkunjung ke Pulau Penata Kecil. Selamat berlibut dan selamat jalan-jalan teman semuaaaa…





4 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar pariwisata

    BalasHapus
  2. Keren euy pulaunya. Wah ane udah keduluan ente nih. Soalnya ane pingin ke penata kecil, penata besar, randayan , lemukutan, tempurung , semesak dan kabung. Ane jadi tambah semangat ngeliat postingan ente gan

    #salamgembel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh dikomen sama sang idola ni, saya suka gan ngestalk sangfajar.com banyak ilmu travelling yang saya dapat pada saat membaca pengalaman mas fajar pada saat travelling.

      #salamgembel

      Hapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html