Kamis, 12 Januari 2017

Ringkasan Materi Pasar Oligopoli

A.     Pengertian Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual. Dan bila pasar tersebut hanya dikuasai oleh dua penjual disebut sebagai pasar duopoli.

B.     Jenis - Jenis Pasar Oligopoli

1.         Oligopoli murni, yaitu oligopoli yang menjual barang homogen (sama) seperti industri paku, seng, semen, pipa besi, dan lain-lain.
2.         Oligopoli diferensial, yaitu oligopoli yang menjual barang diferensial (berbeda corak) seperti rokok, mobil, komputer, dan lain-lain.

C.     Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

1.         Hanya ada beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar.
2.         Barang yang diperjualbelikan bisa bersifat homogen (sama) atau diferensial (berbeda corak).
3.         Sulit dimasuki perusahaan baru karena umumnya pasar ini membutuhkan modal besar dan keahlian manajerial yang tinggi, contohnya industri semen, industri mobil, dan lain-lain.
4.         Membutuhkan peran iklan (advertising) untuk bersaing mempromosikan produk.
5.         Pada umumnya terdapat satu market leader(pemimpin pasar) di antara sejumlah oligopolis yang ada. Market leaderadalah oligopolis yang mempunyai kekuatan untuk menentukan harga karena dia menguasai pangsa pasar yang terbesar. Harga yang ditetapkan market leaderakan diikuti oleh oligopolis lainnya. Contoh; Pada pasar minuman, market leader-nya adalah Aqua; pada pasar sepeda motor, market leader-nya adalah Honda.

D.     Kebaikan Pasar Oligopoli

1.      Dapat  memberikan kebebasan kepada pembeli untuk memilih barang sesuai selera dan tingkat pendapatan karena barang yang diperjualbelikan di pasar oligopoli salah satunya adalah barang yang berbeda corak.
2.      Mampu menyediakan dana untuk penelitian dan pengembangan produk yang didapat dari keuntungan yang besar sehingga mendorong munculnya penemuan baru.
3.      Memungkinkan perusahaan mendapatkan keuntungan yang melebihi normal.

E.    Keburukan Pasar oligopoli

1.         Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan karena keuntungan yang didapat oligopolis sangat besar dan diterima secara terus-menerus. Keburukan seperti ini juga terjadi pada pasar monopoli.
2.         Harga cenderung stabil dan bila harga tersebut terlalu tinggi maka bisa mendorong timbulnya inflasi. Inflasi adalah keadaan di mana hargaharga terus-menerus naik yang disebabkan beredarnya jumlah uang yang melebihi kebutuhan.
3.         Sulit ditembus oleh perusahaan baru yang ingin memasuki pasar, karena membutuhkan modal besar dan keahlian manajerial yang tinggi.
4.         Bisa berkembang menjadi pasar monopoli, bila antar-oligopolis saling bekerja sama.

F.     Upaya Pemerintah Mengatasi Keburukan Pasar Oligopoli

1.      Pemerintah mengeluarkan undang-undang anti-trust.

2.     Pemerintah memberikan kemudahan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk masuk ke pasar oligopoli


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html