Ringkasan Materi pasar Monopolistik - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Rabu, 11 Januari 2017

Ringkasan Materi pasar Monopolistik

1. Pengertian:

        Pasar monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.

2. Ciri-ciri pasar monopolistik :

1.Terdapat Banyak Penjual
      Terdapat cukup banyak penjual didalam pasar persaingan monopolistis, namun demikian ia tidaklah sebanyak seperti dalam pasar persaingan sempurna.

2. Barangnya Bersifat Berbeda Corak
      Produksi dalam pasar persaingan monopolistis berbeda coraknya (differentiated product) dan secara fisik mudah dibedakan diantara produksi sesuatu firma dengan produksi firma lainnya.

3.Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan dalam hal menentukan dan mempengaruhi Harga
      Kekuasaan mempengaruhi harga oleh firma monopolistis bersumber dari sifat barang yang dihasilkannya, yaitu yang bersifat berbeda corak atau differentiated product.

4.Pemasukan ke dalam industri relatif mudah
      Perusahaan yang akan masuk dan menjalankan usaha didalam pasar persaingan monopolistis tidak akan banyak mengalami kesukaran.  Hambatan yang dihadapi tidaklah seberat seperti didalam oligopoli dan monopoli.


3. Kelebihan pasar monopolistik:

1.       Konsumen mempunyai pilihan yang lebih baik.
2.       Distribusi pendapatan seimbang.

4. Kekurangan pasar monopolistik :

1.       Tidak efisiensinya penggunaan sumber -sumber daya.
2.       Sangat lemahnya dorongan untuk melakukan perkembangan teknologi.



5. Pasar Persaingan Monopolistik Dan Efisiensi Ekonomi

        Laba super normal yang dinikmati perusahaan mengundang perusahaan memasuki industry. Masuknya pendatang memberikan dua kemungkinan terhadap perusahaan lama. Yang pertama, pelanggan makin setia. Atau pelanggan makin bersifat memilih, dimana permintaan jangka panjang menjadi lebih rendah disbanding jangka pendek. Bagaimanapun pengaruhnya, perusahaan hanya akan dapat bertahan dalam jangka panjang bila mampu menikmati laba normal, pada saat harga jual sama dengan biaya rata-rata.

6. Pengaturan Pasar Persaingan Monopolistik

        Ketidakefisiensian yang dihasilkan perusahaan yang beroperasi dalam pasar persaingan monopolistic menimbulkan pertanyaan, apakah perlu pengaturan? Jawabannya adalah tidak. Hal ini berdasarkan tiga argumen :

1.       Daya monopoli yang relative kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang relative kecil.
2.       Permintaan yang sangat elastic menyebabkan kelebihan kapasitas produksi relative kecil.
3.       Ketidakefisiensienan yang dihasilkan perusahaan yang beroperasi dalam pasar persaingan monopolistic diimbangi dengan kenikmatan konsumen karena beragamnya produk, peningkatan kualitaas dan meningkatnya kebebasan konsumen dalam memilih output.

7. Keseimbangan perusahaan dalam jangka pendek

        Oleh karena kurva permintaan adalah menurun sedikit demi sedikit, dan sebagai akibatnya kurva MR tidak berimpit dengan kurva permintaan, keseimbangan yang dicapai suatu firma dalam pasar persaingan monopolistis. Dalam persaingan  monopolistis, permintaan yang dihadapi firma adalah sebagian dari keseluruhan permintaan pasar.

8. Keseimbangan perusahaan dalam jangka panjang

        Dalam persaingan monopolistik tidak terdapat hambatan kepada firma-firma baru. Maka keuntungan yang melebihi normal akan menyebabkan pertambahan dalam jumlah firma di pasar. Sebagai akibatnya setiap firma akan menghadapi permintaan yang semakin sedikit pada berbagai tingkat harga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar