Eloknye Aek Terjon Mananggar - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Selasa, 10 Januari 2017

Eloknye Aek Terjon Mananggar

Ade banyak yang mengatekan bahwe Aek Terjon Mananggar atau yang jugak sereng disebot Aek Terjon  Melanggar, Menanggar, atau Banangar ni adelah  Niagara dari Borneo. Lalu, ade jugak yang bilang, "Belom ke Kalimantan kalau belom ngunjungi Aek Terjon Mananggar ni!
Aek Terjon Mananggar yang mane berupe patahan Sungai Landak ni berade di Hulu Sungai Landak. Tepatnye di Kecamatan Aek Besak, Kabupaten Landak. Jarak lokasi ni sekitar 290 kilometer dari timor laut Kota Pontianak, Kalimantan Barat.



        Untuk dapat melihat aek terjun ni, kite harus sabar sebab banyak memakan waktu perjalanan yakni butoh waktu 5-6 jam ke Serimbunye lalu masok dari Serimbu kire-kire 3 jam tapi usah takot sebab kelelahan kite akan tebayar dengan melihat eloknye Aek Terjon Mananggar ni.
Aek Terjon yang letaknye 700 meter diatas permukaan laot ni memiliki ketinggian dan jugak lebar sekitar 60 meter. Di bawah Aek Terjon ini ade danau yang luasnya sekitar 2 hektare dan sebelah kiri kanan Aek Terjon terdapat hutan alami yang maseh sangat terjage. Bukan hanye itu, di sekitar lokasi jugak ade Gua Sanjan yang memiliki Aek Terjon dan sungai kecik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar