Tips mencegah batu Ginjal - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Sabtu, 01 Oktober 2016

Tips mencegah batu Ginjal

   Pastinya diantara Anda pernah mendengar kata batu ginjal bukan? Penyakit Batu ginjal adalah penyakit yang mana akan menyebabkan rasa nyeri pada area punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri tersebut nyatanya akan berubah seiring dengan berjalannya pergerakan batu ginjal tersebut ke saluran urin. Tahukah Anda bahwasannya batu ginjal dapat menyebabkan masalah sulitnya dalam berkemih. Maka dari itu pada kesempatan ini Teguh akan memberikan tips guna mencegah keberadaan batu ginjal ditubuh kita, berikut ulasannya:

1. Secangkir kopi dipagi hari
Kopi merupakan minuman kesukaan orang Indonesia sejak zaman nenek moyang kita. Tahukah Anda bahwasannya orang yang menikmati kopi dengan kandungan kafein dipagi hari memiliki tingkat risiko 26 persen jauh lebih rendah terkena penyakit batu ginjal. Sedangkan orang yang menikmati secangkir kopi tanpa kandungan kafein memiliki tingkat risiko yakni 16 persen jauh lebih rendah, dan bagi para pencinta teh yakni sebesar 11 persen lebih rendah, hal ini dilandaskan atas sebuah studi yang dimuat oleh Journal Clinical of American Society of Nephrology.



2. Hindarilah kandungan soda
Sebuah studi yang terbaru dilakukan oleh sebuah rumah sakit ternama yakni Brigham and Women's Hospital telah menemukan bahwasannya orang- orang yang mengonsumsi segelas minuman bersoda akan memiliki tingkat risiko yakni sebesar 23 persen lebih tinggi terkena penyakit batu ginjal dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi minuman bersoda. Alasannya adalah kandungan fruktosa di dalam minuman bersoda akan dapat meningkatkan kadar kalsium, oksalat, dan juga ekskresi asam urat, yang mana pada ujungnya mampu membuat pembentukan batu ginjal itu sendiri.

3. Memperbanyak minum air putih
Tahukah Anda bahwasannya dengan Anda mengonsumsi setidaknya enam hingga delapan gelas sehari air putih itu merupakan cara mencegah pembentukan batu ginjal? Ya, sebagai mana yang telah kita ketahui bersama bahwasannya batu ginjal terdiri dari kalsium baik itu fosfat maupun oksalat. Kandungan mineral yang mana diserap dari setiap makanan akan dibuang melalui urin.

4. Kurangi mengonsumsi makanan yang kaya akan protein
Para pakar kesehatan telah banyak mengatakan bahwa jika terlalu banyak protein bisa membantu batu ginjal menjadi berkembang. Maka dari itu sangatlah disarankan untuk dapat mengurangi makanan yang kaya asupan protein contohnya daging merah.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar