Jumat, 14 Oktober 2016

Contoh sebuah film yang didalam nya terdapat masalah ekonomi

NAMA                                    :  M. TEGUH BUDIANTO
KELAS                                   :  1B ASP
TUGAS                                   :  PENGANTAR ILMU EKONOMI
DOSEN PENGAMPU           :  ELIZA NOVIRIANI

SOAL

1. Apa permasalahan ekonomi yang kalian temukan dari film ini?
2. Permasalahan yang kalian temukan itu termasuk kedalam ekonomi mikro atau makro?
3. Bagaimana permasalahan itu bisa terjadi atau penyebabnya?
4. Apakah tindakan yang dilakukan oleh tokoh utama telah tepat dalam permasalahan ekonomi         
    tersebut?
5. Jelaskan dampak dari permasalahan ekonomi tersebut!
6. Jika kalian adalah pengambil kebijakan tempat Bobby bekerja apakah kalian tetap mengambil     
    langkah dengan cara PHK para karyawan?
7. Jika kalian adalah pemerintah tindakan apa yang kalian lakukan untuk mengatasi
    permasalahan ekonomi ini?

JAWABAN

1.      Permasalahan yang saya temukan dalam film The Company Men ialah masalah ekonomi yang terjadi di dunia pada saat itu dan berimbas pula di Negara Amerika Serikat yang mana hal ini langsung berdampak negatif bagi para pekerja ataupun pelaku bisnis yang menanamkan modal. Salah satu dampak negatifnya adalah hampir semua pekerja dan pemilik perusahaan ada yang di PHK dan juga ada perusahaan yang bangkrut akibat krisis ini, tidak terkecuali sang tokoh utama dalam film ini yakni Bobby di perusahaan tempat ia bekerja ia di PHK perusahaannya yang bernama GTX. Bukan hanya ia saja yang di PHK, akan tetapi ratusan karyawan bahkan ribuan kayawan lainnya juga bernasib sama dengannya. Bobby pada awalnya sangat sulit memahami akan keputusan PHK yang diambil oleh perusahaannya, sebab dirinya merasa benar-benar tidak ada yang namanya persiapan untuk di PHK.Bobby pun harus dapat meninggalkan fasilitas-fasilitas mewah yang diberikan oleh perusahaan GTX dan juga harus hidup tidak mewah lagi sekarang guna untuk bertahan hidup dengan uang seadanya.

2.      Menurut analisis saya pribadi masalah yang ditemukan dalam film ini adalah masalah yang bersifat makro sebab sebagaimana yang kita ketahui sebelumnya bahwasannya pengertian ekonomi makro adalah sifatnya yang lebih global dan sangat menyelur dan ini sangat ditonjolkan difilm ini yaitu masalah ekonomi makro.

3.      Permasalahan ini bisa terjadi sebab adanya krisis ekonomi yang terjadi di USA yang berdampak pada perusahaan GTX yang mengalami penurunan omzet pemasukan, akan tetapi pengeluarannya yang terus berjalan sebab karyawannya yang banyak dan harus membayar gaji mereka. Dengan masalah penerimaan yang sedikit dan pengeluaran yang sangat banyak maka perusahaan ini mengambil sebuah tindakan dengan PHK karyawannya dan perampingan karyawan guna menekan tingkat pengeluaran perusahaan agar perusahaan tidak bangkrut.

4.      Menurut pribadi dan pemikiran saya sendiri tindakan yang dilakukan oleh Bobby telah tepat yakni dengan ia menjadi seorang buruh bangunan untuk dapat menghidupi keluarganya disamping ia harus menunggu panggilan kerja yang mana terlebih dahulu ia ajukan surat lamaran pekerjaan diperusahaan-perusahaan. Tindakan Bobby pun sangat tepat dengan ia meninggalkan keanggotaannya di country club dan juga menjual mobil kesayanggannya yang harus ia relakan untuk dapat bertahan hidup bahkan ia pun harus merelakan rumahnya untuk ikut dijual dengan harga yang dapat dikatakan murah sebab ia membelinya jauh lebih mahal dibandingkan pada saat ia menjualnya dan Bobby, istri dan kedua anaknya harus bertempat tinggal dirumah orang tua Bobby.

5.      Dampak dari permasalah ekonomi difilm ini adalah pengangguran dan kebangkrutan bahkan kemiskinan yang dialami oleh para pekerja yang di PHK. Akan tetapi, kita tidaklah boleh hanya melihat dari segi negatipnya saja. Jika dilirik dari dampak positifnya adalah yang pertama kita diajarkan untuk menghargai apa yang telah kita capai dan dituntut untuk dapat mempertahankan apa yang telah kita dapatkan serta menabung untuk masa tua sebab kita tidak pernah tau akan hari esok. Yang kedua adalah seberat apapun masalah yang nantinya akan kita hadapi, selama kita masih bernafas dan masih banyak orang yang selalu disamping kita dan selalu mensuport kita maka janganlah pernah mengatakan kata “MENYERAH”.

6.      Jika seandainya saya adalah seorang pengambil kebijakan ditempat Bobby bekerja maka saya kelihatannya juga akan mengambil langkah yang serupa sebab untuk mengurangi kekurangan kas yang terjadi didalam perusahaan, akan tetapi saya tidak akan lepas tangan begitu saja dengan para karyawan-karyawan yang saya PHK ini, saya akan memberikan pesangon kepada mereka dengan aturan UU yang berlaku dan juga akan memberikan mereka fasilitas untuk dapat mencari pekerjaan di kantor-kantor lainnya serta akan  memberikan semacam suntikan motivasi atau pengarahan untuk dapat memberikan semangat bagi mereka untuk menjalani hidup yang jauh lebih baik.

7.      A) Jika diberi pertanyaan tindakan apa yang akan saya lakukan jika saya adalah Pemerintah Amerika Serikat maka untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara memberikan suntikan dana atau pinjaman-pinjaman kepada perusahaan-perusahaan yang hampir mengalami gulung tikar dengan memberikan kredit selektif dan juga yang mana kita ketahui bersama bahwasannya masalah ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat ini disebabkan oleh penumpukkan hutang yang dapat dikatakan yang sangat besar, pengurangan pajak yang mana mengakibatkan kurangnya pendapatan Negara.


B) Jika saya adalah Pemerintah Indonesia tindakan yang saya ambil ialah yang pertama melakukan rancanagan pengeluaran atau belanja nasional yang ramping dan jauh dari kata pemborosan. Yang kedua adalah dengan mendesak menurunkan suku bunga serta menarik pajak yang besar bagi industry-industri atau perusahaan-perusahaan yang memiliki tenaga kerja yang banyak agar dapat mengatasi masalah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html