Sebuah solusi agar Potensi Daerah dapat digunakan semaksimal mungkin - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Selasa, 09 Agustus 2016

Sebuah solusi agar Potensi Daerah dapat digunakan semaksimal mungkin

    Aku terlahir di sebuah Kota yang sering disebut Kota Khatulistiwa, ya benar Aku terlahir di Kota Pontianak berada di Provinsi Kalimantan Barat. Di Pontianak sebenarnya banyak sekali potensi-potensi daerah yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata seperti terdapat tugu khatulistiwa dan juga sungai yang terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Kapuas. Akan tetapi, Sungai Kapuas yang seharusnya dapat menjadi objek wisata menurut saya belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemerintah.  Sungai Kapuas juga sering ditemukan sampah-sampah sisa rumah tangga di alirannya alangkah lebih baik jika sungai ini tidak menjadi tempat pembuangan sampah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan juga sangat disarankan dan saya ingin menawarkan sebuah solusi kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menyediakan tempat sampah di sekitar area sungai agar masyarakat tidak lagi membuang sampah disungai.



   Sumber Foto : sulawesibisnis.com
  Setelah Aku membahas mengenai salah objek wisata yang terdapat di Kota ku yakni sungai. Kini Aku tertarik membahas salah satu permasalahan yang terjadi di tempat tinggalku, Aku bertempat tinggal di Jalan Sungai Raya Dalam Komplek Korpri di rumah ku ini sudah bertahun-tahun tidak terdapat air bersih dari PDAM sangatlah miris dan sangatlah menyedihkan sebab Sungai yang besar terdapat di kota ku tapi mengapa dengan air yang melimpah masyarakat Korpri tak bisa merasakan air bersih PDAM dan untuk keperluan MCK kami harus menggunakan air sumur yang berwarna seperti air teh. Infrastuktur jalan di komplek ku sangatlah tidak layak pakai sebab jika musim kemarau maka debu akan beterbangan dan jika musim hujan maka airlah yang terkandung dijalanku yang berbuntut jalan pun akan becek. Bukan hanya masalah infrastruktur jalan dan air bersih yang tak terperhatikan di daerah tempat tinggal ku. Pada saat musim kemarau banyak sekali oknum-oknum yang ingin membuka lahan dengan cara sederhana tapi sangatlah berbahaya yaitu dengan cara membakar hutan hal inilah yang sangat dibenci oleh kami sebab asap yang dapat mengganggu pernapasan dan juga ancaman kebakaran rumah jika api telah hampir masuk ke pemukiman masyarakat. Saya sebagai pelajar dan juga sebagai warga sipil sangatlah menginginkan komplek kami memperoleh infrastruktur-infrastruktur  dari aparat pemerintahan dalam hal akses jalan dan juga air bersih sebab guna menunjang roda perekonomian di daerahku.



Sumber Foto : Foto sendiri

   Kini Aku tertarik untuk membahas mengenai sulitnya mencari perumahan murah di Pontianak. Memang banyak perumahan ataupun komplek-komplek yang dibuat ataupun didirikan oleh para pengusaha pembisnis property, akan tetapi harganya yang mahal akan membuat masyarakat takut dan tak tertarik membelinya,  hal inilah akan membuat masyarakat lebih memilih bertempat tinggal di kawasan kumuh dan tak layak huni. Aku sangatlah mengapresiasi pemerintah Pontianak yang mana telah membuat dan memberikan kemudahan untuk masyarakat kelas menengah kebawah yang belum memiliki rumah dengan memberikan bantuan rumah subsidi dengan harga yang sangat terjangkau . Saya sangatlah ingin dan bangga jika Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun lebih banyak lagi perumahan subsidi untuk masyarakat golongan menengah kebawah di Pontianak dan juga kota-kota lainnya dengan harga yang sangat terjangkau agar masyarakat kelas menengah kebawah pun memiliki rumah yang layak dan tak perlu lagi tinggal di kawasan yang kumuh.



Sumber Foto : rumahpontianak.com


   Pontianak juga memiliki rumah susun guna memberikan tempat tinggal pada masyarakat yang belum memiliki tempat untuk berteduh, akan tetapi sangatlah disarankan sebab rumah susun yang ada di Pontianak masih tergolong minim dan juga tergolong kumuh serta kurangnya fasilitas di sekitar area rumah susun tersebut. Akan lebih baik lagi jikalau Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuat dan membangun rumah susun yang jauh lebih banyak lagi agar masyarakat lain yang belum memiliki tempat tinggal juga bisa merasakannya dan juga saya sangat menunggu terobosan-terobosan baru serta infrastruktur-infrastruktur yang akan dilakukan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kalau boleh saran Saya ingin apabila Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ingin membangun sebuah rumah susun maka juga harus memperhatikan dan membangun fasilitasnya juga seperti contoh sederhananya adalah dengan membangun taman bermain anak di area rumah susun, sebab pastinya dirumah susun banyak terdapat anak-anak kecil yang ingin bermain maka dengan membangun taman disekitar rumah susun akan dapat membuat anak-anak bisa bermain dan membuatnya menjadi senang.




Sumber Foto : kalbarsatu.com

   Bukan hanya ingin mengulik dan mebahas mengenai infrastruktur air, jalan dan rumah. Kini Aku ingin membahas mengenai rumah sakit yang dibangun oleh pemerintah kota ku yakni rumah sakit yang bernama Rumah Sakit Sultan Syarif Mohammad Alkadrie yang beralamat di Jalan Komyos Soedarso Sungai Beliung Pontianak Barat. Rumah sakit ini menurutku rumah sakit yang sangatlah berbeda dan istimewa . Mengapa demikian? Ya, sebab dirumah sakit ini tidak adanya kelas 1, kelas 2, atau kelas VIP ataupun sebagainya. Sebab di Rumah Sakit ini semua kelasnya rata dan sama tidak ada yang berbeda-beda berdasarkan golongan. Alat medisnya pun bukanlah sembarangan tapi berkualitas hal inilah yang membuat masyarakat Pontianak suka dengan Rumah Sakit ini sebab tidak adanya diskriminasi antar masyarakat menengah ke atas dan masyarakat menengah ke bawah sebab semuanya memperoleh pelayanan yang sama. Saya berharap kepada  Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk dapat membangun lebih banyak lagi Rumah Sakit semacam ini agar masyarakat Pontianak menjadi sehat dan mudah untuk ke Rumah Sakit tak perlu takut akan biayanya lagi.



Sumber Foto : endy21wordpress.com

  Semoga saran dari salah satu anak negri dan penerus bangsa ini akan didengar oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat agar infrastruktur-infrastruktur serta fasilitas-fasilitas di Indonesia akan jauh lebih baik lagi dari tahun ke tahunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar