Ingin Jual Batu Cincin Akik? Simak Tips Berikut! - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Kamis, 03 Maret 2016

Ingin Jual Batu Cincin Akik? Simak Tips Berikut!



Saat ini batu cincin akik sedang diminati oleh seluruh masyarakat seantero negeri. Hal yang menjadi ketertarikan oleh masyarakat tersebut tentu saja motif dan asal batu akik tersebut. Batu tersebut biasanya ditemukan di pedalaman hutan dan butuh perjuangan untuk bisa mendapatkannya. Keunikan lainnya adalah batu tersebut biasanya memunculkan aneka motif dan gambar alami dari asalnya. Misalnya saja gambar hewan, manusia maupun tumbuhan. Itulah yang menjadi ciri khas dan penentu harga jual batu cincin akik.

Sampai sekarang penjual dan pengusaha batu ini semakin menjamur. Wajar saja karena peminat akan cincin dari batu akik ini juga semakin banyak. Bahkan setiap bulannya permintaannya selalu saja meningkat dan membuat para pengusaha kewalahan dalam menyanggupi permintaan tersebut. Tak hanya pengusahanya saja yang menjamur, pembeli dan kolektor cincin batu akik ini juga semakin banyak. Bahkan beberapa dari mereka rela untuk menyusuri seluruh pelosok Indonesia hanya untuk mencari batu yang menjadi incarannya.

Di sisi lain praktik membeli dan jual batu cincin akik ni juga semakin ramai. Apakah Anda berencana untuk menjual cincin yang Anda miliki. Apabila memang berencana begitu sebaiknya tak usah buru-buru. Karena ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pastikan batu akik yang akan Anda jual terjamin keasliannya. Untuk melihat keasliannya Anda bisa melakukan penyinaran pada batu. Batu yang asli akan menunjukkan pola serat dalamnya. Sedangkan yang palsu biasanya akan terlihat gelap saja.
  • Sebelum menjualnya sebaiknya Anda poles terlebih dahulu. Pemolesan ini berfungsi untuk menjaga kualitas warna dari batu tersebut. Namun saat memoles sebaiknya gunakan kain yang halus dan lembut sehingga tidak membuatnya tergores.
  • Agar cepat laku, ada baiknya Anda tawarkan kepada orang terdekat terlebih dahulu. Seperti keluarga ataupun teman. Setelah itu barulah Anda coba menawarkan ke toko. Namun alangkah lebih baik jika Anda menjual di tempat jual beli yang resmi agar harga yang diberikan sesuai.

Jika Anda ingin mendapatkan harga jual yang cukup tinggi, ada baiknya Anda lengkapi dengan sertifikat resminya. Sertifikat resmi ini biasanya dikeluarkan oleh agen resmi batu akik. Adanya sertifikat ini bisa mendongkrak harga beli. Karena di dalam sertifikat tersebut terdapat spesifikasi asli dari cincin batu akik milik Anda. Jadi sudahkah Anda memiliki sertifikat ini?


Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk jual batu cincin yang Anda miliki. Ternyata mudah sekali bukan untuk mengaplikasikan hal diatas. Selain itu sebelum menjual pastikan juga warna dan motif batu yang Anda miliki unik. Sehingga menambah harga jual dari batu cincin Anda tersebut. Demikianlah tips ini dan semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar