Tempat wisata di Kota Pontianak - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Jumat, 01 Januari 2016

Tempat wisata di Kota Pontianak

Oleh : Muhammad Teguh Budianto
Assalamualaikum wr.wb
Apabila kalian sedang berada di Kota Pontianak maka kalian dapat mengunjungi tempat-tempat dibawah ini :

1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa merupakan salah satu asset daerah yang menjadi kebanggaan warga Pontianak. Tugu Khatulistiwa berada sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak. Tugu ini terdiri dari empat pilar kayu belian, dua bagian belakang yang lebih tinggi dari pada pilar tiang yang bagian depan. Dan juga terdapat tulisan EVENAAR di antara dua pilar belakangnya.
Untuk dapat masuk ke Tugu Khatulistiwa , kalian tidak dipungut biaya sepeserpun. Apabila kalian ingin kesini maka tanggal 21 – 23 Maret ataupun tanggal 21 – 23 September adalah tepat. Sebab pada saat ini, terjadi sebuah fenomena alam yang mana matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa yang mengakibatkan benda apapun yang berada di atas garis ini tidaklah akan memiliki bayangan.

2. Taman Alun-alun Kapuas atau depan Korem

Sungai Kapuas tak dimanfaatkan juga sebagai tempat rekreasi keluarga. Tempat wisata yang satu ini akan banyak dikunjungi oleh para pengunjung yakni pada sore hari hingga mencapai malam hari ini.
Di Taman yang seluas 3 hektar ini memiliki sebuah replika Tugu Khatulistiwa pada salah satu sudutnya. Para pengunjung juga dapat menikmati udara sore di Pontianak dan juga dapat melihat sunset dibibir sungai.

3. Keraton Kadriah

Keraton yang dibangun pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yang mana sultan pertama Pontianak, Keraton Kadriah berada di tepat Jalan Tritura. Bangunan ini didominasi oleh warna kuning dan juga bangunannya terbuat dari kayu belian, kayu asli Kalimantan.  
Pada pekarangan halamannya, terdapat meriam kuno yakni peninggalan dari Jepang dan juga Portugis.

4. Mesjid Jami

Masjid ini dikenal sebagai saksi asal mula dari kota Pontianak. Atap dari mesjid ini bertingkat empat dan juga di dalam mesjidnya terdapat empat pilar utama dari kayu belian. Masjid Jami dapat menampung sebanyak 1.500 jamaah.  Masjid Jami Pontianak terletak sekitar 200 meter dari Keraton Kadriah.

5. Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng adalah rumah dari adat suku Dayak di daerah Kalimantan Barat.  Kalian dapat melihatnya di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru, Pontianak. Rumah Betang Radakng telah meraih rekor yakni sebagai rumah adat yang terpanjang di Negara Indonesia. Yang mana Panjang dari Rumah Betang Radakng mencapai 138 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi 7 meter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar