Makanan khas dari Pontianak yang wajib kalian coba - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Jumat, 01 Januari 2016

Makanan khas dari Pontianak yang wajib kalian coba

Budaya yang berbeda antara etnis Tionghoa, etnis Dayak, dan juga Melayu yang berada di Pontianak, akan memberi sebuah warna yang sangat berbeda terhadap aneka macam kulinernya. Kota Pontianak memanglah terkenal dengan olahan-olahan yang berbahan lidah buayanya. Bukan hanya sebagai kota yang penghasil lidah buaya yang dapat dikatakan terbesar di Indonesia, akan tetapi Pontianak juga penghasil lidah buaya terbaik. Sebab tanah di Kota Pontianak memungkinkan untuk dapat memproduksi tanaman ini. 

Ini dia makanan khas dari Pontianak yang sangat lezat dan cocok dilidah:

1. Bubur Pedas 
Bubur pedas merupakan salah satu makanan yang berasal dari etnis Melayu di wilayah Sambas, Kalimantan Barat. Bubur pedas terbuat dari beras yang telah ditumbuk dengan halus dan dioseng, lalu diberi bumbu-bumbu seperti halnya bawang merah, bawang putih, lada hitam, serai, daun salam, garam dan juga gula. Bumbu-bumbu ini lalu ditumbuk dengan halus kecuali bahan serai, daun salam,kemudian dioseng juga seperti beras yang ditumbuk. Lalu bumbu ini dimasukkan ke dalam air yang telah mendidih yang mana di isi dengan daging ataupun tulang sapi, dengan beras tumbuk tadi. Setelah beras dan juga bumbu ini tercampur kedalam kaldu sapi tadi,maka kalian masukkan berbagai macam-macam jenis sayuran seperti kangkung, pakis, jagung, kentang,daun kunyit dan kesum . daun kesumlah yanga akan membuat bubur pedas ini beraroma yang khas akan tetapi apabila terlalu banyak maka akan terasa tidak enak bubur pedas ini.

Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Lalu hidangkan juga dengan kacang tanah yang digoreng,kecap,sambal dan juga bawang goreng.
2. Lempok Durian 
Lempok Durian adalah salah satu oleh-oleh berasal dari Kalimantan Barat yang sangat terkenal sebagai salah satu pusat dari distribusi durian di provinsi Kalimantan Barat.
Lempok Durian

Harganya dari lempok durian ini Rp75.000/600gram. Satu bungkusnya terdiri dari (600gram) yang berisi 5 batang lempok yang berukuran 2,5cm lebarnya, panjangnya yakni sekitaran 7cm).


3. Cucur
Cucur adalah salah satu jenis kue tradisional yang terdapat di di Pontianak., Bentuknya yang seperti bulat dengan gerigi - gerigi kecil yang berada disampingnya, menjadikan makanan ini unik. Cucur Khas dari Kalimantan Barat sangatlah pas di sajikan pada saat kalian minum yang hangat-hangat.
4. Sotong Pangkong
Sotong Pangkong merupakan sotong yang telah dikeringkan terlebih dahulu lalu dimasak dengan cara di panggang. Seelah  dipanggang, sotong akan di pangkong atau dalam bahasa Indonesi yakni di pukul, agar dagingnya terasa jauh lebih empuk. Lalu, akan disajikan bersama dengan kuah yang berisi sambal kacang ataupun asam pedas manis. Pada saat dilumuri kuah dengan sambal, maka rasanya akan menjadi gurih serta nikmat. 
5.  Dodol Lidah Buaya 
Dodol lidah buaya  yakni dodol yang berbahab lidah buaya. Dodol dari lidah buaya  ini sedikit akan kandungan serat. Harga dari satu pack seperti gambar di bawah ini sekitaran Rp25.000.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar