Cara terhindar dari pelecehan seksual di tempat kerja - Muhammad Teguh Budianto

Breaking

"Berbagi pengalaman melalui tulisan"

Minggu, 27 Desember 2015

Cara terhindar dari pelecehan seksual di tempat kerja

Oleh : Muhammad Teguh Budianto
Berikut ini ialah cara-cara yang dapat kalian terapkan apabila kalian mendapatkan perlakuan yang tidak senonoh atau tidak menyenangkan dari lawan jenis kalian di kantor:
1.Tunjukkan bahwa kamu merasa sangat keberatan
Janganlah kalian diam saja pada saat kalian menghadapi perlakuan yang tidak senonoh dan tidak menyenangkan dari lawan jenis kalian di kantor. Biarkanlah mereka tahu bahwasannya kamu itu sangat keberatan dengan hal yang mereka lakukan padamu.
Sangatlah wajar apabila kalian marah pada saat dilakukan hal-hal yang tidak wajar dan seperti pelecehan seksual.
2. Jangan menoleransi interaksi fisik yang tidak diinginkan
Mungkinlah salah satu teman kerja kamu cuma memukul punggung ataupun mengusap tangannya ke lengan kamu. Akan tetapi tindakan ini memanglah dapat dianggap sebagai interaksi fisik yang biasa, akan tetapi apabila kalian merasa nyaman dengan tindakan ini maka mereka akan melakukan hal-hal lebih yang dapat menggangu kalian. Apabila  merasa terganggu, maka kalian berhak mintanya untuk berhenti melakukannya.
3. Usahakan tidak terlibat dalam percakapan yang “vulgar”
Setiap orang yang kalian temui pada tempat kerja memiliki selera humor yang sangat berbeda-beda dan juga biasanya bernada cabul agar dapat meramaikan suasana.
Akan tetapi sebisa mungkin kalian tidak menanggapi percakapan ini. Akan tetapi terkadang orang lain akan menafsirkan 'reaksi positif' yang anda tunjukkan sebagai sebuah tanda apabila kalian merasa nyaman dengan bahan humor seperti ini.
4. Ajukan keluhan secara resmi
Jika pelecehan yang kamu alami sudah lebih dari 'sekadar' lelucon tak pantas atau sentuhan yang tidak diinginkan, buat pengaduan resmi ke HRD atau atasan.Kantor tempatmu bekerja pastinya memiliki regulasi tertulis mengenai pelecehan seksual di lingkungan kerja.
Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika mendapatkan perlakuan kurang pantas dari rekan kerja.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar